by

Kisah Pilu Norma yang Menemani Ayahnya Seorang Diri karena Idap TBC

MUNA, TOPIKSULTRA.COM – Nasib memilukan dialami Sawaluddin (32) warga Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna. Duda dua orang anak ini didiagnosa positif mengidap penyakit TBC (Tuberkulosis).

Sudah sepekan ia memasuki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raha untuk mendapatkan perawatan medis. Kini kondisinya terbaring lemah di kamar khusus ruang ICU. Untuk biaya perawatan, pria yang bekerja sebagai tenaga honorer di pemancar TVRI Raha itu hanya mengandalkan kartu BPJSnya.

banner 720x196

Ironisnya, selama seminggu nginap di rumah sakit, belum ada seorang pun sanak saudara atau keluarga yang datang menjenguknya.

“Keluarga sudah ada yang tau, tapi sampai saat ini belum ada yang datang,” aku Sawal saat ditemui topiksultra.com, Jumat (17/1/2020).

Meski begitu, Sawal tampak tak berkecil hati. Beruntung, ia memiliki seorang anak wanita bernama Norma (12) yang selalu setia menemaninya pasca mendapat perawatan di RS.

Bocah belia yang masih duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar (SD) ini terpaksa harus meinggalkan pelajarannya untuk sementara. Ia meminta izin tak dapat hadir di sekolah dalam beberapa waktu karena ingin menemani Ayahnya yang sedang sakit.

“Saya sudah izin di Sekolah dan dizinkan,” ujar Norma dengan nada lirih.

Norma juga memiliki seorang adik bernama Nayla yang masih berusia enam tahun kelas I SD. Namun, saat ini adiknya itu dititip sementara di rumah tetangga dan juga absen sejenak masuk Sekolah hingga kondisi Ayahnya pulih kembali seperti sedia kala.

Sementara itu, Ririn, salah satu perawat yang bertugas di ruang ICU nenerangkan, kondisi Sawal saat ini belum pulih seutuhnya. Masih dalam proses pengobatan.

“Panasnya masih tinggi. Bisa keluar kalau suhu tubuhnya sudah normal,” kata Ririn.

Ririn juga mengaku iba kala melihat Norma yang seorang diri tetap tegar menemani dan membantu merawat Ayahnya di RS. Ia berharap agar sanak keluarga Sawal segera datang untuk melihat kondisi Ayah dan anak yang sedang membutuhkan perhatian itu.

Reporter : Erwino

Comment

Topik Hari Ini