by

Kolaka Siaga Hadapi Bencana Alam

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Kolaka kini siaga mengantisipasi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, hingga longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, Kabupaten Kolaka saat ini termasuk daerah yang diperhadapkan cuaca yang cukup ekstrim dan diprediksi akan berlangsung hingga April 2020 mendatang.

banner 720x527

“Fluktuasinya belum kita tahu kapan angin kencang kapan tidak. Jadi kita harus siap hadapi,” kata Safei pada Apel Kontinjensi Operasi “Aman Nusa II-2020” di Alun-Alun 19 November, Kamis (9-1-2020).

Meski situasi cuaca saat ini cukup ekstrim, namun ia meminta masyarakat tidak terlalu khawatir. Pemda Kolaka, akan membentuk sejumlah Posko untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi.

” Kita akan bentuk posko. Kita juga akan bentuk rumah singgah Tagana,” sebutnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sebab menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak. “Jaga lingkungan dan kebersihan dengan baik agar bencana seperti banjir tidak terjadi,” kata mantan Sekda Kolaka itu.

Kapolres Kolaka, AKBP Saiful Mustofa menambahkan, dengan situasi cuaca saat ini masyarakat harus lebih waspada. Apabila nantinya terjadi bencana alam, masyarakat diminta segera mencari tempat yang lebih aman.

Menurutnya, dalam operasi siaga bencana kali ini, Polres Kolaka menyiagakan 100 personel serta dibantu personel dari TNI hingga BPBD. Ia berharap, semua tim yang tergabung dapat tanggap menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Peralatan seperti perahu, dan peralatan lainnya sudah disiapkan. Semua sarana yang dimiliki tentunya akan dimaksimalkan,” katanya.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini