by

KPU Wakatobi Buka Rekrutmen PPK Hingga 24 Januari

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dibuka sejak 18 Januari 2020 yang akan bertugas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wakatobi pada 23 September 2020 mendatang.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara yakni, pendaftar bisa melalui email harus mendaftarkan dokumen aslinya. Sedangkan pendaftar manual harus membawa berkasnya sebelum ditutup pada 24 Januari 2020, pukul 12.00 Wita.

banner 720x527

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Rizal mengungkapkan jumlah perekrutan anggota PPK di Wakatobi sebanyak 40 orang yang terbagi pada empat pulau yakni, Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

“Setiap pulau terbagi dua kecamatan dan setiap kecamatan sebanyak lima orang anggota,” bebernya ketika ditemui topiksultra.com di ruang kerjanya, Selasa 21 Januari 2020.

“Untuk anggota PPK ini berbasis domisili karena mengingat efektivitas kerja yang diamanahkan oleh regulasi,” tambahnya.

Rizal menjelaskan, KPU sangat butuhkan keterlibatan semua pihak masyarakat di Kabupaten Wakatobi untuk bisa kita saring putra-putri yang akan bertugas sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Kepada semua element masyarakat, mari kita sama-sama awasi tahap penyeleksian calon anggota PPK ini agar iklim demokrasi di Wakatobi dari tahun ke tahun itu semakin membaik,” harapnya.

Terkait dengan penyeleksi penyelenggara, secara umum KPU RI sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan sudah ada surat edaran ke stakeholder terkait yakni KPU dan Dinas Kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah NKRI untuk mendukung kegiatan Pemilu 2020.

“Khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi telah menyiapkan fasilitas kesehatan bagi calon PPK di setiap wilayah yakni ada sebanyak tujuh puskesmas terkecuali Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Popalia yang berada di Kecamatan Togo Binongko, Kabupaten Wakatobi,” urainya.

Hingga berita ini diterbitkan, pertanggal 18 Januari sampai 21 Januari 2020, pendaftar calon PPK sudah sebanyak 53 orang dan pada tanggal 29 Januari 2020 dipastikan sudah terlantik sebagai anggota PPK Kabupaten Wakatobi.

Laporan: Ode Nafi

Comment

Topik Hari Ini