by

Layanan One Day Service Satu Tahun, Cetak 1.978 Produk Pertanahan

KENDARI, TOPIKSULTRAM.COM – One Day Service (layanan satu hari kerja) sukses mendongkrak layanan pertanahan Kantor Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Kendari di Lippo Plaza Kendari yang dilaksanakan setiap hari Minggu dari pukul 00:11 Wita sampai 18:00 Wita.

Sepanjang Tahun 2019 One Day Service (ODS) menghasilkan 1.878 produk hukum pertanahan terdiri dari 900 produk Peralihan Kak, Roya (Henghapusan Hak Tanggunan) 442 item, Pengecekan Sertipikat sebanyak 621, dan Surat Keterangan pendaftaran tanah sebanyak 15 item.

“ODS akan terus kami kerjakan secara terus menerus sepanjang manajemen Lippo menyediakan kami tempat, dan sudah berlangsung labih dari satu setengah tahun,” ucap Kepala Kantor BPN Kota Kendari, Irwan Idrus saat berbincang dengan topiksultra.com di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Untuk mewujudkan komitmen BPN RI memberikan pelayanan yang cepat dan cermat, melalui layanan One Day Service (ODS) ini merupakan strategi BPN Kota Kendari untuk meningkatkan layanan pertanahan, beroperasi sejak Tahun 2018 pada item pekerjaan yang padat di hari kerja normal, seperti pengecekan sertipikat, pendaftaran peralihan hak atas tanah, pendaftaran hak tanggungan, pendaftaran penghapusan hak tanggungan (Roya), penerbitan SKPT dan layanan Informasi (Konsultasi dan Pengaduan).

Layanan ODS juga diyakini dapat memangkas calo tanah, sehingga masyarakat mendapatkan layanan pertanahan dengan harga sesuai ketentuan pertanahan.

Berdasarkan standar pelayanan dan pengaturan pertanahan KA BPN Nomor 1 Tahun 2010, PP Nomor 128 Tahun 2015 lima layanan itu diselesaikan dengan target selama satu minggu namun melalui ODS, BPN Kota Kendari mampu menyelesaikan hanya dengan satu hari kerja bahkan satu item layanan pertanahan hanya dapat diseselesaikan dengan waktu sekitar satu jam.

Analis Penggunaan dan Pemanfaatan Pertanahan BPN Kota Kendari, Alfonsus Bima Samudra mengungkapkan dari hasil rekapan dari Oktober 2018 hingga Maret 2019 peningkatan pelayanan mencapai angka 14,45 persen.

“Ini data sebagai contoh dari beberapa perjalanan WDS kita di BPN, yang lain belum saya rapikan, namun untuk program ini sangat signifikan diterapkan,” jelasnya.

Bima menerangkan, untuk pelayanan dari hari Senin sampai Jumat, sepanjang Februari 2019 lima layanan yang diterapkan pada ODS sebanyak 577, ditambah dengan WDS setiap hari Minggu meningkat sebesar 24,09 persen dengan item pelayanan naik 716 item.

“ODS kami pernah memuncak pada Januari 2019 dengan presentase 24,9 persen. Setiap bulan kami pantau progresnya, ini sangat membantu warga juga, menikmati layanan tanpa harus menunggu berhari hari,” tambahnya.

BPN Kota Kendari juga berterimakasih kepada pihak Lippo Plaza Kendari, karena telah menydiakan tempat yang strategis mewujudkan ODS di pusat perbelanjaan, sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan layanan.

“Di tempat mereka belanja, ada layanan pertanahan, ini yang kita wujudkan bersama Lippo Plaza, semoga kerjasama ini terus berjalan tanpa kendala, sehingga mempermudah pelayanan pada bidang pertanahan, mempersingkat alur birokrasi pelayanan dibidang pertanahan, sehingga BPN Kota Kendari bisa mewujudkan harapan masyarakat pengguna layanan pertanahan,” tuturnya Irwan Idrus.

Laporan: Hendriansyah

Comment