by

Tahun Ini, Muna Akan Cetak 200 Hektar Lahan Persawahan

-Berita, Muna-207 views

MUNA, TOPIKSULTRA.COM – Tahun ini Kabupaten Muna terealisasi percetakan lahan sawah seluas 200 hektar dari Kementrian Pertanian. Lokasinya masih di seputaran Desa Bente, Kecamatan Kabawo. Jumlah lahan tersebut meningkat dibanding tahun 2019 lalu yang hanya 100 hektar dengan lokasi yang sama.

Ogo Atfal, Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Muna Mungatakan, cetak sawah 200 hektar itu diperuntukan buat 160 petani yang dibagi dalam bentuk 4 kelompok. Pengerjaannya diswakelola oleh TNI melalui Korem. Hanya saja, belum diketahui pasti berapa total anggaran pekerjaan itu yang dananya bersumber dari APBN. Sebab, Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) itu belum sampai ke pihak Dinas Pertanian Muna.

banner 720x527

“Insha Allah bulan tiga sudah mulai jalan,” aku pria yang akrab disapa Ogo ini saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020).

Ketersediaan lahan di Desa Bente cukup luas untuk lokasi cetak persawahan. Saat ini masih ada sekitar 318 hektar yang siap diolah. Selain itu potensi aliran airnya juga sangat baik. Makanya, wilayah tersebut kembali mendapat realisasi percetakan sawah.

“Pemanfaatannya untuk penanaman padi sawah, sama seperti tahun lalu,” sebutnya.

Ogo juga menerangkan, pemanfaatan sawah yang telah dicetak tahun lalu dengan total anggaran Rp 1,6 Milliar, sudah berjalan mulus.

“Sudah termanfaatkan,” tandasnya.

Reporter: Erwino

Comment

Topik Hari Ini