by

Bandara Sangia Nibandera Waspada Virus Corona

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pihak pengelola bandara Sangia Nibandera meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi risiko penyebaran virus corona di Kabupaten Kolaka.

Kepala bandara Sangia Nibandera, Hery mengatakan, sejak penyebaran virus corona yang mematikan mewabah di Cina, pihaknya terus waspada dengan memantau aktivitas penumpang yang masuk di bandara Sangia Nibandera.

banner 720x527

Apalagi kata dia, Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah pertambangan, sehingga banyak tenaga kerja asing (TKA) yang masuk di Bumi Mekongga. “Kolaka ini kan daerah tambang, jadi banyak masuk TKA,” sebutnya, Sabtu (8-2-2020).

Dari hasil pantauan aktivitas penumpang yang masuk di bandara Sangia Nibandera, Hery memastikan bahwa sejak virus corona mewabah hingga ke sejumlah negara, tak ada penumpang dari luar negeri yang masuk ke Kolaka. Meski begitu, ia menegaskan akan tetap memantau aktivitas penumpang maupun penjemput yang masuk di bandara Sangia Nibandera.

“Kalaupun ada TKA yang masuk, saya yakin bahwa sebelumnya yang bersangkutan sudah melalui prosedur pemeriksaan sebelum ke Kolaka,” ujarnya.

Saat ini, pihak pengelola bandara Sangia Nibandera belum memasang alat pendeteksi suhu tubuh. Meski begitu, pihak pengelola bandara siap mendukung upaya penanganan virus corona dengan tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait.

“Kalau kami dari sisi prasarana siap, tinggal nanti bagaimana kesiapan anggaran. Jadi mungkin tunggu arahan dari pemerintah pusat,” katanya.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini