by

Buka Seminar Pemuda, Beangga Harianto Sampaikan Nilai Pancasila

-Berita, Bombana-144 views

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah(Sekda) Bombana, Beangga Harianto, menyebut Pancasila adalah bekal yang tepat bagi pemuda dalam kehidupan berbangsa.

Hal itu di ungkapkannya saat membuka Seminar Kepemudaan dan Talk Show kepemudaan dengan tema, Peran pemuda dalam Pengakaran Ideologi Pancasila, di Audotorium Kantor Bupati Bombana, Kamis, 27 Februari 2020.

Bukan tanpa alasan, menurutnya setiap sila pancasila memiliki nilai-nilai yang urgen untuk diamalkan generasi muda hari ini dan yang akan datang.

Dijelaskannya, sila yang pertama, mengajarkan kita untuk bertoleransi atas kebebasan beragama, sila kedua mengajak kita untuk memuliakan manusia, yang tujuannya menjadikan masyarakat Indonesia beradab. Ketiga, seruan persatuan dan gotong royong yang tujuanya menumbuhkan jiwa nasionalisme (cinta terhadap bangsa sendiri).

Selanjutnya sila keempat, memandang pentingya sebuah musyawarah dalam memecahkan perwakilan, serta sila keadilan yang dinilai sebagai hak setiap warga negara, yang tujuannya memastikan penindasan seorang pihak terhadap pihak lain harus dihapuskan.

“Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan, ” urai Beangga Harianto di hadapan ratusan peserta yang didominasi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

Olehnya itu ia berpesan, pada seluruh peserta seminar tersebut, agar serius dan semangat dalam menerima pemaparan materi nantinya.

“Harus semangat, saya saja ini yang sudah tua masih semangat. Agar kegiatan ini punya output positif. Agar tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban Dinas Pariwisata. Karena anggarannya ada,” kata Beangga Harianto.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman, menambahkan, menurutnya, di tengah berkembangnya paham radikal di tanah air, dinilai menjadi tantangan berat bagi pemuda. Sehingga penguatan ideologi sebagai dasar berbangsa perlu untuk dilakukan.

“Jika kita memiliki pola pikir yang positif, maka kita akan memiliki perbutan yang positif. Nasionalisme itu penting di miliki bagi pemuda, apalagi kita terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan budaya,” urai Andi Herman.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini