by

Di Konawe Utara, Pukat Ikan Malah Dapat Buaya 3,5 Meter

KONUT, TOPIKSULTRA.COM — Minggu siang (16/2/2020), M Akbar, warga Desa Tapuwatu Kecamatan Asera Kabupaten Konawe Utara, menjaring ikan di sungai Lasolo dengan memasang pukat. Menjelang sore atau sekitar pukul 04.00 Wita, M Akbar mengajak seorang temannya untuk memeriksa pukatnya. Sontak, Akbar dan rekannya kaget mendapati pukatnya yang berisi seekor buaya ukuran panjang 3,5 meter.

“Kaget melihat buaya dalam jaring, tanpa pikir panjang kami langsung menangkap dengan menggunakan tali nilon,” kata Akbar, Senin (17/2/2020).

banner 720x527

Buaya tangkapan Akbar ini sontak mengundang perhatian warga setempat.Namun, buaya sungai yang berukuran 3,5 meter dengan lebar 50cm ini telah diamankan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara untuk selanjutnya diserahkan ke pihak BKSDA Sultra.

Sekretaris BPBD Konut, Lagulira mengaku, pihaknya sudah menghubungi BKSDA Provinsi untuk menjemput buaya tangakapan warga. “Buaya yang ditangkap akan diserahkan ke BKSDA Untuk diamankan di penangkaran,” katanya.

Penangkapan buaya di Konawe Utara bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya, Januari 2020, warga Desa Landiwo Kecamatan Landawe,juga berhasil menangkap buaya ukuran 4,2 meter, namun buaya tersebut kembali dilepas ke habitatnya.


Laporan: Adi

Comment

Topik Hari Ini