by

Pemkab Bombana Rampungkan LKPD 2019, Maret Disetor ke BPK

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Bombana saat ini tengah merampungkan proses penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (LKPD)tahun 2019 yang rencananya akan disetorkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulwesi Tenggara pada Maret 2020.

Hal itu disampaikan Kepala bidang akuntansi dan pelaporan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemda Bombana, Mohammad Ikbar. Menurutnya, sebagai kordinator pelaporan keuangan daerah, pihaknya sudah mengumpulkan semua data keuangan di setuap Organisasi Perangkat Daerah(OPD).

“Semua OPD sudah menyampaikan, tinggal proses perampunganya. Rencananya rampung di bulan maret. Data itu juga akan disampaikan ke BPK untuk diperiksa,” urainya saat ditemui Topiksultra com, di ruang kerjanya, Kamis,(20/2/2020).

Saat ini, pihaknya tengah menyusun draft catatan laporan keuangan, yang akan dilakukan usai semua proses pembuatan laporan keuangan selesai. Untuk pemeriksaan awal, BPK telah melakukan penentuan data keuangan. Setelah itu, bidang akuntansi juga melakukan mengumpulkan data dari OPD dan dilakukan pembuatan LKPD untuk diserahkan ke BPK.

“Nanti diperiksa secara rinci, apakah sudah sesuai yang kita laporkan dengan kenyataan,” katanya.

Menurutnya, dalam proses penyusunan laporan keuangan tersebut, terdapat sedikit kendala dalam petetapan batas waktu penyetoran data dari setiap OPD. Namun karena kegiatan tersebut sudah dilakukan berulang kali hal itu dapat diatasi secara cepat.

“Kendala yang akan terjadi sudah kita antisipasi,” ucapnya.

Laporan: Refli

banner 712x400

Comment