by

Pemkab Konut Siap Wujudkan Usul Pembangunan Desa

KONAWE UTARA, TOPIKSULTRA.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara, H.Martaya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara siap mewujudkan berbagai usulan program pembangunan di desa, sesuai kondisi dan kemampuan anggaran daerah.

Hal itu dikatakan Sekda saat membuka musrenbang tingkat Kecamatan Sawa tahun anggaran 2021, Senin (17/2/2020). Menurutnya, musrenbang dimaksudkan untuk menampung dan menindaklanjuti usulan masyarakat desa di wilayah ini dan akan dilanjutkan pembahasannya pada musrenbang tingkat kabupaten. “Pemerintah kabupaten siap mewujudkan usulan dari desa sesuai kondisi dan kemampuan anggaran,” katanya.

Ia berharap, program pembangunan ke depan lebih meningkat sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Musrembang tersebut dihadiri pimpinan OPD, TNI dan Polri, kepala cabang Bank BPD, camat, kades dan lurah, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Camat Sawa, Asrun memaparkan, wilayah Kecamatan Sawa memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah dan dapat mendukung percepatan pembangunan daerah diantaranya; pertanian, pertambangan serta kelautan dan perikanan.

“Dengan potensi tersebut, diharapkan peran serta dan sinergi masyarakat dan pemerintah, sehingga dapat menciptakan sumber pendapatan daerah yang berdampak terhadap anggaran pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, di Kecamatan Sawa ada sejumlah desa yang memiliki potensi besar dan menjadi sumber kehidupan masyarakat, diantaranya potensi pertanian di Desa Matanggonawe, Puupi dan Kokapi. Sementara potensi tambang batu gunung ada di Desa Pekaroa, Matanggonawe dan Pudonggala serta potensi kelautan dan perikanan berada di Desa Ulu Sawa, Laimeo dan Tanjung Laimeo.

Musrenbang RKPD Konut tahun 2021 diawali dari Kecamatan Wiwirano dan akan berakhir di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Laporan: Adi

banner 712x400

Comment

Topik Hari Ini