by

Polres Konut Fokus Edukasi Pelajar di Bumi Oheo

-Hukum-11 views

KONUT, TOPKSULTRA.COM — Jajaran Polres Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sultra, kini fokus memberikan edukasi terhadap pelajar di Bumi Oheo. Salah satu bentuk perhatian Polres terhadap pelajar, yakni dengan memberikan pengawasan dan peringatan agar generasi bangsa di Konut tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum melalui Wakapolresnya, Kompol Semi Pabasek mengatakan, bentuk pengawasan terhadap pelajar di wilayah itu, salah salah satunya melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dengan bertatap muka langsung memberikan imbauan dan arahan terhadap bahaya dari pergaulan bebas.

banner 720x527

Selain itu, sosialisasi tata tertib berlalulintas dari Satlantas Polres Konut, juga menjadi agenda rutin dalam rangka memberikan wawasan tentang berkendara yang baik dan benar. “Kecelakaan yang terjadi di Konut dari tahun ke tahun banyak melibatkan pengemudi dibawah umur. Hal itu ditengarai kurangnya pemahaman berlalulintas seperti penggunaan, kelengkapan dan kelayakan kendaraan saat mengemudi,” kata Pabasek kepada topiksultra.com, Sabtu (8/2/2020).

Menurutnya, pembinaan sejak dini sangat penting untuk memberikan edukasi dan mengingatkan akan bahaya dan resiko dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas. “Kita ingatkan agar tidak terjurumus pada pengaruh negatif lingkungan seperti, penggunaan obat-obat terlarang (narkoba), pembegalan, minuman keras, seks bebas dan tindak kejahatan lainnya,” ujarnya.

Kemajuan technologi, kata Wakapolres, memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan generasi muda kita. Karena itu, Pemberian pemahaman dan pengawasan baik dari orang tua, guru dan pihak terkait lainnya sangat penting agar selalu berprilaku positif.

“Langkah awal ini, kami giat melakukan sosialisasi mulai di kalangan pelajar sampai masyarakat umum. Untuk langkah selanjutnya kami sudah proses tindakan sesuai aturan hukum yang berlaku. Tentu yang menjadi harapan kami seluruh pihak dapat bekerjasama dengan baik demi terciptanya situasi yang aman, nyaman dan kondusif,” tuturnya.

Laporan: Adi

Comment

Topik Hari Ini