by

Ali Mazi Imbau Kepala Daerah se Sultra Tanggap Covid-19, Diantaranya Siapkan Ruang Karantina

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi memberi himbauan kepada 17 Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Sultra agar bersiap diri menghadapi penyebaran Covid-19 diantaranya menyiapkan ruang karantina untuk isolasi apabila ada warga yang terinfeksi.

“Keputusan ini hasil rapat kami bersama Forkopimda, Ketua DPR Sultra dan instansi terkait pada 14 Maret 2020. Kemudian tindak lanjut dari Kepres Nomor 7 Tahun 2020, tentang Penangangan dan Pencegahan Covid-19,” kata Ali Mazi dalam jumpa pers di Rujab Gubernur Sultra, Minggu malam (15/03/2020).

banner 720x527

Ali Mazi juga menjelaskan, Pemprov Sultra telah mengambil langkah dengan membuat surat edaran kepada 17 kepala daerah, juga kepada pimpinan institusi pendidikan dan kantor perwakilan kementerian di wilayah Sultra.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Sultra untuk berdoa kepada Tuhan agar dihindarkan dari Covid-19,” ucapnya.

Para kepala daerah diinstruksikan melakukan pertemuan dengan Kepala Rumah Sakit dan Puskesmas untuk menyamakan persepsi melakukan penanganan dan menyiapkan ruang isolasi. Kemudian apabila sudah siap, ruang karantina segera dilaporkan ke Dinkes Provinsi Sultra.

“Bagi daerah yang memiliki bandara agar melakukan pengukuran suhu badan dan cuci tangan, apabila ada penumpang ditemukan suhu diatas 37 derajat, segera lakukan isolasi,” katanya.

Merubah cara bersalaman dengan menaruh telapak tangan ke dada. Kemudian dibudayakan cuci tangan sebelum menyentuh wajah, masyarakat juga diimbau mengurangi kunjungan ke tempat-tempat ramai.

“Kemudian kantor-kantor, serta sekolah-sekolah agar menyiapkan tempat cuci tangan,” tambahnya.

Laporan: Hendriansyah

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini