by

Bertambah, 286 Penumpang dari Kendari Tiba di Tomia 32 Tunjukkan Gejala Sakit

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Data penumpang Kapal Sabuk Nusantara 44 yang menurunkan penumpang di Pelabuhan Usuku bertambah, diketahui sebelumnya data diungkapkan Camat Tomia Timur La Ode Usra 96 penumpang dan 8 lainnya melakukan perawatan lanjutan diklarifikasi kembali.

“Tadi belum semua yang turun, kemudian ada juga yang dijemput langsung body dari Kecamatan Tomia seperti dari Desa Lamanggau dan Desa Waitii setelah dicocokan data terakhir 286 penumpang,” ucapnya.

banner 720x527

Setelah data dari tim medis gabungan Kecamatan Tomia dan Tomia Timur, personil TNI Polri dan Sahbandar maka diketahui total penumpang Kapal Sabuk Nusantara 44 yang turun di Tomia berjumlah 286 orang, Camat Tomia Timur La Ode Usra menjelaskan penumpang yang harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebanyak 32 orang.

“10 orang dirujuk ke Puskesmas Waitii dan 22 di Puskesmas Usuku, ini kami laksanakan sesuai Prosedur Tetap (Protap) Nasional yang berlaku di seluruh Indonesia,” urainya.

Salah satu tim medis Puskesmas Usuku, Asriana menjelaskan pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu badan dengan alat termometer digital, menanyakan tanda dan gejala seperti demam, sakit menelan, batuk dan flu.

“Yang menunjukkan gejala sekitar 20 orang lebih penumpang akan diperiksa lebih lanjut oleh dokter poli di Puskesmas,” jelasnya.

Untuk standar suhu tubuh normal adalah 36,7 derajat celsius. Asriana menambahkan, apabila alat menunjukkan angka lebih 37 derajat akan diperiksa lebih lanjut di Puskesmas demi mengantisipasi adanya virus.

Kepala Syahbandar Usuku, Jumain Juha menuturkan, sesuai data penumpang Kapal Sabuk Nusantara 44, sebanyak 286 penumpang yang turun di Dermaga Usuku.

“Mereka langsung diperiksa kesehatannya oleh tim medis demi mencegah adanya covid-19,” pungkasnya.

Laporan: Ode Nafi, Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini