by

Cegah Penyebaran Corona, Pemkab Muna Liburkan Sekolah, Fasilitas Umum Dilengkapi Pencuci Tangan

-Berita, Muna-383 views

MUNA, TOPIKSULTRA.COM — Ancaman penyebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit Corona Virus Disease (Covid-19) menjadi perhatian serius bagi Pemerintah, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kendati belum ada satu pun warga Bumi Sowite yang dinyatakan positif terjangkit penyakit mematikan itu, Pemkab Muna tetap melakukan langkah-langkah untuk menghindari penyebarannya. Salah satunya, seluruh Sekolah dari tingkat TK (Taman Kanak-kanak) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) diliburkan.

banner 720x527

Ashar Dulu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Muna mengatakan, libur sekolah akan dimulai sejak 17-30 Maret 2020. Sementara untuk proses belajar mengajar dapat dilakukan di rumah masing-masing siswa dengan menggunakan aplikasi Ruang Guru atas pengawasan tiap guru atau wali kelas melalui Grup WhatsApp.

“Sebelumnya, siswa diberi tugas terlebih dahulu oleh gurunya. Nantinya tugas itu akan disetor usai libur,” kata Ashar Dulu, Senin (16/3).

Selain meliburkan sekolah, Pemkab Muna juga bakal menerbitkan surat edaran terkait hal-hal yang wajib dilakukan seluruh siswa agar terhindar dari virus mematikan asal Negeri China itu.

“Siswa tidak boleh keluar rumah jika tidak penting. Menghindari tempat keramaian atau kerumunan orang banyak. Selain itu tiap fasilitas umun akan dilengkapi dengan pencuci tangan,” terang Ashar membeberkan sebagian isi surat edaran yang bakal diterbitkan itu.

Ashar juga mengimbau bagi para orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak. Misalnya, tidak membiarkan anak keluar sendiri, apalagi tanpa alasan yang jelas.

“Peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Ashar.

Laporan: Erwino

Comment

Topik Hari Ini