by

Cegah Sebaran Covid-19, Anggota DPRD ini Minta Hentikan WNA Masuk ke Wakatobi

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Anggota DPRD Kabupaten Wakatobi, Muhammad Ikbal mempertanyakan penanganan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk melalui Bandara Matahora kepada Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Menurutnya, perlu diantisipasi agar tidak membawa Corona Virus Disease (Covid-19) dari daerah terjangkit.

“Saya sudah tanyakan ke Sekda dan saat ini sudah ada tindakan. Pemda Wakatobi bekerjasama dengan Balai Karantina Pelabuhan utuk melakukan deteksi dini dengan memasang alat deteksi suhu tubuh di bandara,” ucapnya kepada topiksultra.com (18/3).

banner 720x527

Mauhammad Ikbal yang berlatar Magister Kesahatan ini menilai pengecekan suhu tubuh di bandara belum cukup efektif mencegah penyebaran virus corona, dirinya meminta agar Pemkab Wakatobi mengambil langkah untuk menghentikan sementara kunjungan WNA hingga situasi kembali kondusif.

“Terutama WNA dari negara yang terinfeksi kita harus tolak, adapun terlanjur masuk, kita isolasi selama 14 hari, kita pastikan kesehatannya baru masuk. Ini sebagai upaya melindungi warga kita dari sebaran Covid-19,” tambahnya.

Ketua Fraksi GBAR DPRD Wakatobi ini mengatakan, langkah pencegahan seperti isolasi dan penghentian sementara WNA itu telah diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia. Menurutnya, Wakatobi juga harus mengambil tindakan yang sama.

“Ini untuk kebaikan kita semua. Saya sudah dengar penyampaian dari Kadis Kesehatan Provinsi Sultra bahwa sebaran Covid-19 berpotensi besar di daerah yang memiliki bandara, termasuk Wakatobi. Sehingga, langkah-langkah urgent harus kita ambil,” tuturnya.

Laporan: Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini