by

Hadapi Corona, Jayadin Minta Masyarakat Terapkan PHBS

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin meminta masyarakat Kabupaten Kolaka untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam menghadapi penyebaran virus Corona di Indonesia.

“Sebaiknya masyarakat memperbaiki perilaku hidup bersih dan sehat, serta mengikuti imbauan dari Kementerian Kesehatan,” ujar Jayadin di ruangannya, Kamis (5-3-2020).

banner 720x527

Jayadin juga mengimbau masyarakat agar tidak panik serta tidak menyebarkan informasi berlebihan yang justru dapat meresahkan nantinya.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum menerima informasi bahwa ada warganya yang terpapar virus Corona. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Kolaka akan selalu meningkatkan kewaspadaan, tetapi secaratenang.

“Warga jangan panik. Pemerintah juga sedang berupaya melakukan penanganan terhadap virus Corona ini,” katanya.

Sepengetahuan dia, virus Corona tidak akan terjangkit kepada orang, apabila tidak ada sentuhan langsung dengan orang yang terpapar virus tersebut. “Selama di Kolaka tidak ada indikasi, maka jangan berlebihan menanggapinya,” tegasnya.

Selain itu, menyikapi informasi kelangkaan masker saat ini, dirinya mengimbau kepada para pelaku usaha masker agar tidak melakukan spekulasi harga dan juga penimbunan terhadap barang tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kolaka, kata Jayadin, akan memberikan teguran kepada para pelaku usaha masker.

“Kita akan beri teguran. Apalagi, sudah ada aturan jelas dalam undang-undang yang melarangnya,” pungkasnya.

Laporan: Azhar Sabirin

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini