by

Tiba di Tomia dari Kendari, 8 Mahasiswa Alami Gejala Sakit Digiring ke Puskesmas Usuku

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 96 penumpang Kapal Sabuk Nusantara 44 tiba pada Sabtu 21 Maret 2020 (sore) di Pelabuhan Usuku, Kecamatan Tomia Timur setelah melakukan pelayaran dari Pelabuhan Bungkutoko, Kota Kendari Jumat 20 Maret 2020.

Seluruh penumpang disambut oleh petugas kesehatan se Pulau Tomia didampingi anggota TNI/Polri serta Pemerintah Kecamatan Tomia Timur melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan suhu tubuh.

banner 720x527

“Setelah diperiksa ditemukan delapan orang mengalami gejala sakit, seperti flu dan batuk, diantaranya juga kondisi suhu tubuhnya diatas 38 derajat celcius,” ucap Camat Tomia Timur, La Ode Usra kepada topiksultra.com melalui sambungan telepon, Sabtu (21/3).

Pengecekan juga dilakukan mengetahui riwayat perjalanan penumpang, diketahui rute Kapal Sabuk Nusantara 44 berangkat dari Kendari – Wangiwangi dan Tomia, riwayat sakit penumpang diperiksa dengan menunjukkan bukti hasil pemeriksaan awal.

Suasana persiapan pemeriksaan kesehatan penumpang Kapal Sabuk Nusantara 44 di area Pelabuhan Usuku oleh tim medis se Pulau Tomia yang didampingi anggota TNI/Polri. Foto: Istimewa

Usra menjelaskan, seluruh pasien belum dikategorikan sebagai pasien terinveksi Virus Corona, pemeriksaan awal dilakukan sesuai himbauan pemerintah pusat terkait pencegahan penyebaran Virus Covid-19 terutama orang yang perjalanan dari daerah terinfeksi.

“Jadi ambulance disiagakan, mereka yang sakit dan memiliki suhu tubuh melewati batas normal langsung dimuat ambulance dan dibawa ke Puskesmas Usuku untuk ditangani sesuai gejala sakit yang dikeluhkan, kita juga telah menghimbau kepada penumpang lainnya yang sehat untuk mengisolasi diri selama 14 hari ke depan supaya dipastikan aman,” tuturnya.

Laporan: Hendriansyah

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini