by

USN Kolaka Produksi Hand Sanitizer

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Program Studi Kimia dan Farmasi, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka memproduksi hand sanitizer secara mandiri. Keputusan membuat hand sanitizer karena barang tersebut saat ini menjadi barang langka di pasaran.

Ketua Prodi Kimia USN, Dian Permana mengatakan, untuk mengantisipasi kelangkaan hand sanitizer, sejumlah mahasiswa dan dosen Prodi Kimia dan Farmasi USN Kolaka memutuskan membuat antiseptik pencuci tangan ini.

banner 720x527

Saat ini, jumlah hand sanitizer yang telah diproduksi mencapai 300 botol ukuran 60 ml. Dian menargetkan memproduksi hand sanitizer sebanyak 700 botol.

Produksi awal ini baru bisa sebanyak itu, karena adanya keterbatasan bahan baku. Sementara, USN menargetkan bisa memproduksi 700 botol hand sanitizer.

“Untuk tahap awal, kami baru bisa memproduksi 300 botol. Kasih masih tunggu bahannya tiba untuk produksi selanjutnya,” ujar Dian, Kamis (19-3-2020).

Kata dia, hand sanitizer ini bakal dibagikan secara gratis kepada para dosen, tenaga kependidikan, serta masyarakat di sekitar kampus USN Kolaka. “Karena jumlahnya terbatas, sehingga pembagiannya juga masih terbatas,” ucapnya.

Menurutnya, hand sanitizer yang diproduksi oleh USN Kolaka telah menyesuaikan dengan standar yang dianjurkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sehingga ia memastikan antiseptik tersebut cukup aman untuk digunakan.

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini