by

Aktivitas Transportasi Laut ke Wakatobi Ditutup “Nekat” SIUPAL akan Dicabut

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Wakatobi menerbitkan Surat Edaran dengan Nomor 552/89/IV/2020 pada hari Senin 27 April 2020 tentang Pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Surat Edaran tersebut memuat larangan penggunaan transportasi laut yang berlaku untuk semua kapal penumpang yang melayani rute Wangiwangi- Waode Buri – Kendari, Wangiwangi-Lasalimu, Wangiwangi-Baubau, Tomia Timur-Baubau dan Binongko-Baubau. Namun kapal penumpang dapat diizinkan berlayar untuk memuat kebutuhan pokok, obat obatan, logistik, peralatan medis dan barang esensial lainnya yang dibutkan oleh daerah.

banner 720x527
Surat Edaran Bupati Wakatobi

Lihat Surat Edaran Bupati Wakatobi di sini

Pelarangan tersebut ditegaskan dengan ancaman sanksi tegas bagi kapal yang melanggar, seperti pelangaran yang dilakukan pada 28 April 2020 sampai 7 Mei 2020 akan diberi peringatan tertulis, sedangkan sanksi bagi pelanggar pada 8 Mei 2020 sampai 31 Mei 2020 dikenakan sanksi administrasi berupa tidak diberikan pelayanan di pelabuhan sampai dengan pencabutan Surat Izin Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) sesuai dengan tahapan yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Disampaikan juga, dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 surat edaran pelarangan transportasi laut ini dapat diperpanjang sewaktu dibutuhkan.

Laporan: Hendriansyah

Comment

Topik Hari Ini