by

Cegah Kerumunan Warga, USN Libatkan Polres Kolaka Salurkan Sembako

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membagikan ratusan paket sembako, masker, dan hand sanitizer kepada warga pada puncak perayaan Dies Natalis ke-6, Senin (6-4-2020). USN bekerjasama dengan Polres Kolaka dalam penyaluran bantuan tersebut.

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan,  mengingat virus Corona tengah mewabah hingga saat ini, penyerahan bantuan berupa sembako, masker, dan hand sanitizer ini dilakukan secara simbolis di Auditorium USN Kolaka. Selebihnya, bantuan paket sembako dilakukan secara door to door ke rumah-rumah warga dengan melibatkan aparat kepolisian.

banner 720x527

Sebanyak 500 paket sembako, 1000 masker kain, dan 2500 botol hand sanitizer diberikan kepada para janda, lansia, tukang ojek, dan tukang becak di Kecamatan Kolaka, dan Kecamatan Tanggetada.

“Untuk pembagian sembako ini kami bekerjasama dengan Polres Kolaka sesuai dengan data dari para Bhabinkamtibmas,” ujar Azhari.

Selain itu, sebagian bantuan tersebut juga dititipkan ke Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ikatan Keluarga Tolaki Kendari, dan Komunitas Muslimah Berbagi (KMB) Kolaka untuk disalurkan kepada yatim piatu di Kolaka.

Disebutkan Azhari, anggaran pembelian paket sembako berasal dari sumbangan tunjangan jabatan civitas akademika USN Kolaka. Rencananya, USN Kolaka masih akan menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Hal ini, sejalan dengan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam meminimalisir dampak virus Corona khususnya di Kabupaten Kolaka.

“Sementara kami sedang mengajukan izin pengalihan anggaran perjalanan dinas civitas akademika USN yang akan digunakan untuk pembagian paket sembako kepada masyarakat khususnya disekitar kampus,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Kolaka, AKBP Saiful Mustofa mengatakan, proses pendistribusian sembako langsung ke rumah-rumah warga melalui Bhabinkamtibmas.

“Kita tidak ingin ada kerumunan. Dengan begitu, masyarakat tetap mengikuti instruksi pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona,” jelasnya.

Laporan : Azhar Sabirin

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini