Door to door Wartawan Kolaka Salurkan Bantuan Covid-19

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Terik mentari siang antara pukul 13.00 hingga menjelang magrib, Rabu (29/4/2020), tak menyurutkan langkah puluhan wartawan Kolaka, menyambangi satu persatu (door to door) rumah warga yang kurang mampu, untuk menyalurkan bantuan paket sembako.

Andry Ovianto, wartawan nasionalinfo.com, mengatakan penyaluran bantuan tersebut merupakan sumbangan dari sejumlah donatur, baik secara personal, lembaga atau pihak perusahaan, yang dititipkan melalui Forum Wartawan Kolaka.

banner 720x527

Menurutnya, Forum Wartawan Kolaka terpanggil untuk mendirikan Posko Bantuan dalam rangka membantu meringankan beban warga ditengah wabah Covid-19 dan menghadapi bulan ramadhan 1441H. “Alhamdulillah, hanya dalam waktu 4 hari, terkumpul sejumlah donasi baik dalam bentuk uang maupun dalam bentuk paket sembako, dan Rabu siang ini kita mulai menyalurkan,” katanya Andry, Rabu (29/4/2020).

Forum Wartawan Kolaka

Sasaran penerima bantuan, kata Andry adalah mereka yang diidentifikasi belum pernah atau tidak terdaftar dalam penerima bantuan pemerintah seperti PKH, BLT, atau bantuan sembako dari pemerintah. “Target kita benar-benar keluarga tidak mampu dan belum tersentuh bantuan program pemerintah, janda-janda tua, orang yang hidupnya sebatang kara dan orang yang sakit,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Elyaser Alex Tato, wartawan senior ButonPOs (PublikSatu.com). Menurutnya, bantuan para donatur yang dititipkan melalui Posko Wartawan Kolaka dan kemudian sudah dipaketkan dalam bentuk sembako, disalurkan langsung oleh teman-teman wartawan, setelah sebelumnya mendapatkan sejumlah nama dan alamat penerima yang dianggap layak menerima bantuan tersebut.

Forum Wartawan Kolaka di poskonya.

“Tahap pertama ini ada seratus paket yang kita salurkan berupa beras 5 kilogram, minyak goreng satu liter,ikan kaleng dan mie instan,” kata Elyaser yang akrab dipanggil Papa Ariel.

Penyaluran bantuan tahap pertama ini meliputi sejumlah Kelurahan dalam Kecamatan Kolaka, Latambaga hingga sebagian desa dan kelurahan di Kecamatan Wundulako dan Baula. “Sejumlah donatur dan jumlah sumbangan kita publish secara berkala dan terbuka baik melalui media mainstream maupun media sosial sehingga publik maupun pihak penyumbang bisa mengkalkulasi sendiri antara jumlah sumbangan yang masuk dan yang disalurkan,” kata Andry seraya mempersilahkan jika ada warga yang suka curiga atau kerjanya hanya nyinyir, supaya tidak segan-segan dan sungkan ke Posko Wartawan untuk mengkroscek data sumbangan dan penerima. “Kita transparan dan siap diaudit dalam penyaluran bantuan tersebut, makanya kami turun langsung menyerahkan dan tidak melalui perantara atau
titipan,” tuturnya.


Laporan” Azhar Sabirin

Topik Hari Ini