by

PODSI Sultra Target 7 Medali Emas PON Papua

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulawesi Tenggara menargetkan perolehan tujuh medali emas pada Pekan Olahraga (PON) XX/2020 di Papua.

Ketua PODSI Sultra Abdurrahman Shaleh, mengatakan prediksi raihan medali terbuka setelah skuad dayung Sultra merebut tiket PON pada 26 nomor pertandingan babak prakulaifikasi beberapa waktu lalu.

banner 720x527

“Para atlet dan pelatih sudah berlatih keras hingga sukses merebut 26 tiket PON dan ini sudah menjadi modal bagi atlet Sultra,” katanya di Kendari bari-baru ini.

Merunut pada PON XIX/2018 Jawa Barat, Sultra berhasil meraih 5 medali emas, 3 perak dan 4 medali perunggu. Karena itu, Ketua DPRD Sultra ini kembali menargetkan perolehan tujuh medali emas pada PON Papua 2020, dengan terpenuhinya sarana latihan dan latihan terpusat segera direalisasikan sesuai permintaan pelatih adan atlet.

Abdurrahman optimis, jika latihan terpusat diselenggarakan enam bulan, diprediksi tujuh medali emas dapat diraih. “Dan kalau latihan terpusat bisa dilaksanakan satu tahun terbuka peluang memboyong sembilan atau 10 medali emas,” ujarnya.

Pelatih dayung Sultra Jamaluddin mengatakan, prestasi atlet berbanding lurus dengan keseriusan menjalani latihan dan ketersediaan sarana berupa perahu, dayung serta sarana pendukung lainnya.

Menurutnya, Sejarah mencatat sesuai fakta yang diukir para legenda dayung Sultra tahun 90-an, hingga kini dimana-mana Sultra tersohor karena reputasi para atlet dayung. “Nostalgia kebanggaan para atlet dayung Sultra yang lalu patut dijadikan motivasi di era kompetisi antar daerah yang semakin ketat,” katanya.

Laporan: Faisal Hasan

Comment

Topik Hari Ini