by

Kampus Tidak Terdaftar di PDPT, 29 Mahasiswa Terancam Tak Terima Beasiswa

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 29 Mahasiswa dari tiga universitas di Indonesia terancam tidak lulus berkas sebagai calon penerima program beasiswa gembira cerdas tahap 1 tahun 2020 di Bombana.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bombana, Abdul Rauf Abidin, menuturkan alasan terancamnya 29 mahasiswa dari penerima beasiswa gembira cerdas, karena setelah di telusuri universitas tempat kuliah ke-29 mahasiswa tersebut, tidak ditemukan dalam pangkalan data pendidikan tinggi (PDPT).

“Satu ada di Poleang, satu di Kendari serta di Makassar. Mahasiswanya 29 orang, tapi perguruan tingginya tidak terdaftar dalam PDPT,” ungkapnya kepada TOPIKSULTRA.COM, Jumat, (29/5/2020).

Rauf menegaskan, PDPT adalah salah satu persyaratan penting yang harus dilengkapi oleh mahasiswa sebagaimana telah diatur dalam peraturan bupati.

Sementara mereka hanya kantongi surat keterangan dari perguruan tinggi saja. “Artinya kalau kita ibaratkan itu sekolah, PDPT itu dapodiknya dan mereka itu tidak ada. Itu jelas sudah pasti gugur,” katanya.

Keputusan tersebut kata Rauf, disepakati setelah pihaknya melakukan rapat kerja bersama Panitia seleksi (Pansel). Namun demikian pihaknya tetap membuka peluang sanggahan pada ke- 29 mahasiswa tersebut. Tak hanya itu, selain ke-29 mahasiswa tersebut, juga masih ada beberapa mahasiswa belum memenuhi persyaratan berkas seleksi calon penerima bantuan beasiswa gembira cerdas tersebut.

“Ada anak PNS empat orang kemudian ada dua orang yang tidak memenuhi syarat nilai, artinya nilainya di bawah 3,0,” sebutnya.

Menurutnya, hingga Jumat (29/5/2020), sebanyak 632 Mahasiswa telah menyetorkan berkas sebagai calon penerima beasiswa gembira cerdas yang merupakan program bupati Bombana, dan pengumuman resmi daftar seleksi calon penerima beasiswa yang dinyatakan lulus berkas masih dalam tahapan verifikasi faktual dilapangan.

“Ada hambatan sedikit, dengan adanya wabah Corona ini,” ucapnya.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini