by

Kasus Positif Corona di Bombana Membludak dengan 60 Kasus Baru

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bombana melalui juru bicaranya, Heryanto resmi melaporkan bahwa Bombana memiliki tambahan 60 kasus positif baru berdasarkan hasil uji swab.

Diterangkan Heryanto, 60 kasus positif Corona yang baru saja terkonfirmasi itu berasal dari klaster Dorolonda dan Temboro dengan peta penyebarannya, Masaloka Raya sebanyak 42 orang, Mataoleo 11 orang, Rumbia tengah 1 orang, Kabaena Utara 3 orang dan Rarowatu 1 orang serta Poleang Selatan sebanyak 2 orang. 60 pasien positif tersebut sebelumya diambil sampel swabnya pada 5 Mei 2020 lalu.

banner 720x527

“Hasilnya sudah keluar, 60 orang dinyatakan positif hasil swabnya. Klaster Temboro 3 otang. Klaster Dorolonda 34 orang, selebihnya adalah kontak erat 22 dari klaster Dorolonda,” urainya kepada sejumlah awak media, Rabu sore (13/5/2020).

Rencananya, besok (14 Mei 2020), ke 60 pasien positif COVID tersebut akan dirujuk ke RS Bahteramas Kendari sebagai RS rujukan COVID-19 Sultra untuk mendapatkan penanganan maksimal.

“Kami sudah lakukan koordinasi mudah mudahan besok sudah ada kesiapan 60 kamar dari RS Bahteramas,” kata Heryanto.

Hal lain ditambahkan Heryanto, dari 60 kasus baru tersebut terdapat 10 orang anak yang masih berusia di bawah umur, dan pihaknya juga telah menyarankan agar kesepuluh anak tersebut diberikan perlakuan khusus.

“Agar tidak bercampur dengan pasien dewasa lainnya. Membeberikan pendampingan psikologi agar selama perawatan, anak tersebut tidak depresiasi,” ucapnya.

Selanjutnya, untuk memastikan rusun yang telah digunakan sebagai tempat karantina ke 60 pasien positif tersebut tidak menjadi tempat penyebaran virus bagi yang lain, satgas setempat telah menyiapkan langkah sterilisasi selama tiga hari.

“Kita disinfektan, bersihkan sesuai SOP, biar steril,” katanya.

Lebih lanjut, dengan situasi seperti saat ini, ia berharap agar masyarakat Bombana membatasi aktivitas sosial, mengurangi keluar rumah jika tidak terlalu penting. Apabila keluar rumah, wajib menggunakan masker.

“Menjaga jarak dua meter dan rajin mencuci tangan mengunakan sabun,” imbaunya.

Untuk diketahui, atas tambahan 60 kasus baru tersebut, Bombana kini ditetapkan sebagai daerah dengan kasus positif COVID-19 tertinggi di Sultra, yakni mencapai 65 kasus.

Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini