Lima Warga Tenggelam di Laut Lambasina Kolaka

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Lima warga di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, dilaporkan tenggelam di Laut Kolaka akibat kapal yang mereka tumpangi terbalik saat perjalanan pulang dari memancing di sekitar perairan Lambasina Besar.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, mengatakan kapal yang ditumpangi kelima warga Kolaka tersebut dilaporkan dihantam ombak setinggi 1,5 meter hingga 2,5 meter sehingga terbalik. “Kondisi cuaca hujan dengan perkiraan ketinggian ombak mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter arah angin timur laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 20 knot,” kata Wahyudi dalam rilisnya yang diterima TOPIKSULTRA.com, Kamis malam (7/5/2020).

Tim SAR Kendari, kata Wahyudi, menerima laporan pada pukul 17.10 wita dari Djajang, salah satu teman korban. Djajang melaporkan bahwa pada pukul 15.00 wita telah terjadi kecelakaan satu buah kapal longboat dengan penumpang 5 orang.

banner 720x527

“Kapal tersebut terbalik dalam perjalanan pulang sehabis memancing di sekitar Pulau Lambasina Besar Kabupaten Kolaka,” ujarnya.

Kelima korban yang hingga berita ini dirilis, masih dalam pencarian tim SAR adalah, Tajudin, Liliono, Irfan, Bambang dan Ardi yang kelimanya berjenis kelamin laki-laki.

Kronologi kejadian Kamis pagi (7/5/2020), sekitar pukul 07.30 wita kelima orang korban berangkat memancing di sekitar Perairan Lambasina Besar. Dalam perjalanan pulang sekitar pukul 15.00 wita longboat tersebut dihantam ombak dan terbalik. Pada pukul 17.35 wita tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan dengan menggunakan RB 307 menuju lokasi kejadian yang diperkirakan untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Selain itu aparat Polres Kolaka, Pos AL, ABK RB307 dan Syahbandar Kolaka juga terlibat dalam pencarian tersebut.

Laporan: Hendriansyah

Topik Hari Ini