Mubar Anggarkan Rp14,4 Miliar Pembangunan Irigasi Katangana dan Lawada

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muna Barat (Mubar) kembali mengusulkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.14,4 miliar untuk pembangunan irigasi Desa Katangana Kecamatan Tiworo Selatan dan Desa Lawada Kecamatan Sawerigadi.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin mengatakan, pada rapat bersama yang digelar Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR melalui Pra Konsultasi Regional Gel. Ke V Sub Bidang Irigasi, yang diikuti Dinas PUPR Se-Provinsi Sulawesi Tenggara, Balai Wilayah Sungai IV Kendari, Dinas SDA dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara, pihaknya mengusulkan pembangunan irigasi di dua tersebut.

banner 720x527

Menurutnya, selain untuk pembangunan irigasi di dua wilayah tersebut, anggaran Rp.14,4 miliar ini nantinya akan disesuaikan dengan kerusakan beberapa irigasi lain akibat cuaca.

“Jadi dua irigasi yang kita usulakan itu di Katangana dan Lawada, tapi nanti disesuaikan dengan beberapa irigasi yang rusak akibat genangan air,” katanya kepada topiksultra.com, Selasa (19/5/2020), di Ruang Media Center Gugus Tugas.

Menurutnya, irigasi merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat Lawada dan Katangana. Karena itu, program tersebut merupakan salah satu target Pemda Mubar dalam menuntaskan beberapa persoalan irigasi di Mubar sekaligus merealisasikan janji bupati Mubar kepada para petani di Lawada dan Katangana.

“Pembangunan ini sebagai upaya meningkatkan debit air yang berkualitas sehingga mampu mendongkrak hasil panen petani,” tuturnya.

Karimin berharap, dengan pembangunan irigasi di Mubar diharapkan mampu memberikan motivasi para petani kita dalam meningkatkan hasil produksinya.

“Kita berharap, kedepan target pencapaian Muna Barat sebagai salah satu
sentra lumbung padi nasional bisa terwujud,” katanya.

Laporan: Laode Pialo

Topik Hari Ini