by

Mubar Sudah Bisa Mandiri Ambil Sampel Swab

MUNA BARAT,TOPIKSULTRA.COM — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar), LM Ishar, mengaku tim gugus tugas Covid-19 Mubar sudah bisa mandiri untuk melakukan pengambilan sampel swab terhadap sejumlah pasien yang diduga terpapar Covid-19.

“Kita telah menyiapkan sepuluh tenaga analis kesehatan untuk melakukan pengambilan sampel Swab kepada pasien yang diduga terpapar Covid-19,” kata LM Ishar kepada topiksultra.com, Sabtu (23/5/2020).

banner 720x527

Menurutnya, kesepuluh tenaga analisis kesehatan tersebut telah diberikan pengarahan oleh tim gugus Covid-19 Sultra, saat melakukan pengambilan sampel Swab kepada 33 OTG di RSUD Mubar. “Mereka juga ikut dalam pengambilan sampel swab itu,” ujarnya.

Langkah tersebut kata LM Ishar, dilakukan untuk mempercepat tracking atau melacak kasus Covid-19 di wilayah Mubar. Apalagi, wilayah Mubar dikelilingi daerah zona merah.

“Mubar ini diapit dua daerah yang dinyatakan Zona merah,seperti Muna Dan Bombana, jadi Kita tetap waspada,segala sesuatu harus kita siapkan termasuk memastikan kesiapan tenaga medis”,tuturnya.

Langkah Mubar untuk mandiri dalam pengambilan sampel swab didukung penuh gugus tugas Covid-19 Sultra, dengan memberikan bantuan 20 unit alat pengambilan Swab tenggorok yang disiapkan di RSUD Mubar.

“Kita diberikan 20 unit alat pengambilan tes Swab. Ini untuk persiapan sementara, nantinya kita juga akan adakan sendiri,” kata LM Ishar yang juga mantan Sekdis Kesehatan Mubar.

Laporan: La Ode Pialo

banner 696x414

Comment

Topik Hari Ini