by

14 Wisatawan Lokal Berhasil Dievakuasi di Laut Lambasina, 12 Lainnya Masih di Pulau

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 14 orang wisatawan lokal asal Kecamatan Latambaga Kolaka, berhasil dievakuasi tim SAR gabungan, yang terdampar di pulau Lambasina kecil, Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka.

Ke- 14 warga Kelurahan Kolakaasi Kecamatan Latambaga ini, mencarter sebuah longboat milik Hadi Nawir pada Kamis (4/6/2020), dengan tujuan hendak berwisata (rekreasi) di Pulau Lambasina. Namun, dalam perjalanan longboat yang ditumpangi pesiar lokal ini mengalami musibah patah As di Pulau Lambasina.

banner 720x527

“Pukul 16.10 wita Basarnas Kendari menerima info dari bapak Hadi nawir/nakhoda yang melaporkan bahwa pada pukul 15.00 wita longboat yang mereka tumpangi mengalami patah AS di perairan lambasina dgn POB 15 org,” kata Humas SAR Kendari, Wahyudi melalui rilisnya Kamis sore (4/6/2020).

Berdasarkan laporan tersebut, tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RB 307 untuk memberikan bantuan SAR dengan jarak tempuh 12 NM.

“Pada pukul 17.36 wita tim SAR gabungan berhasil menemukan longboat tersebut disekitar perairan Lambasina dan langsung mengevakuasi seluruh POB menuju dermaga pelabuhan nusantara Kolaka dalam keadaan selamat,” katanya.

Pada pukul 19.30 wita RB 307 bersama seluruh korban tiba dipelabuhan Nusantara Kolaka dan Ops SAR dinyatakan selesai.

Cuaca saat itu mendung dengan tinggi gelombang 0,5 – 2 meter dan kecepatan angin 2 – 30 knot, arah angin tenggara – barat laut.

Kepala Syahbandar Kolaka, Hasfar mengatakan, sekitar pukul 16.00 Wita tim BASARNAS Kolaka menerima informasi bahwa ada sebuah kapal yang terapung di tengah laut.

Awalnya, kapal tersebut diduga memuat nelayan, namun belakangan diketahui bahwa kapal tersebut memuat sekelompok pemuda yang hendak pulang setelah berekreasi di Pulau Lambasina.

Menurutnya, sekelompok pemuda tersebut harus dievakuasi setelah kapal yang digunakan patah dan mati mesin setelah menabrak tiang.

Disebutkan, sebanyak 25 orang pemuda berangkat ke Pulau Lambasina untuk berekreasi pada Rabu (3-6-2020). Saat ini, 13 orang pemuda telah berhasil dievakuasi. Sementara, 12 orang lainnya saat ini masih berada di pulau tersebut dan akan dievakuasi pada Jumat (5-6-2020) pagi.

“Kita tidak bisa evakuasi malam ini karena cuaca tidak bagus. Kita tidak ingin jangan sampai ada korban kalau kita paksakan evakuasi malam ini,” kata Hasfar.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kondisi cuaca apabila ingin melaut. Terlebih, akhir-akhir ini cuaca cukup ekstrim.

Ia juga meminta agar para orang tua mengedukasi serta tidak membiarkan anaknya menyeberang ke laut. “Kita minta ini jadi perhatian agar kejadian ini tidak terulang,” pintanya.

Sementara itu, Kapolsek KPK, IPDA Maharani meminta masyarakat menunda kunjungan wisata terutama di laut ditengah kondisi cuaca yang cukup ekstrim saat ini. Ia bersyukur karena para pemuda tersebut ditemukan selamat.

Berikut data korban:

1. Bintang/Laki/17thn
2. Akbar/laki/17thn
3. M Taufik/laki/14thn
4. Agung/laki/18thn
5. Sumarsi/laki/20thn
6. Andi agung/laki/15thn
7. Amriadi/laki/21thn
8. Muliadi/laki/22thn
9. Irfan/laki/18thn
10 .ikram/laki/16thn
11. Ersa/laki/17thn
12. Ilham/laki/17thn
13. Cakra/laki/17thn
14. Syahrul/laki/23thn
15. Hadi nawir/laki/62thn (Nahkoda).

 

Laporan: Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini