by

Jaga Ketahanan Pangan, Polisi Pun Budidaya Lele dan Sayur

BOMBANA,TOPIKSULTRA.COM — Untuk menjaga keberlangsungan ketahanan pangan lokal, Kepolisian Resor (Polres) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut ambil andil membudidayakan ikan lele dan tanaman hidroponik.

Memanfaatkan halaman kantor atau markas komando (Mako), Polres Bombana kini memulai budidaya ratusan bibit ikan lele dalam satu wadah yang memanfaatkan ember yang telah di desain khusus sesuai metode hidroponik. Wadah yang digunakan pun dirancang dalam satu paket dengan budidaya sayur hidroponik.

banner 720x527

Kapolres Bombana, AKBP Andi Herman, melalui PAUR Humas, AIPDA Fitra, mengatakan program budidaya ikan lele dan tanaman hidroponik tersebut merupakan instruksi Kapolri guna memastikan kesiapan dan keberlanjutan pangan di masa pandemi Covid -19 yang belum juga berakhir hingaa saat ini.


Saat ini, kata Fitra, Polres Bombana baru membudidaya bibit ikan lele sekitar 500 ekor dengan menggabungkan tanaman sayur hidroponik di dalam satu wadah. “Di atasnya itu sayuran dan dibawahnya kita simpan bibit ikan lele,” katanya, Senin, (1/6/2020).

Menurutnya, cara tersebut juga sudah dipraktekkan oleh salah seorang anggota Bhabinkamtibmas di Desa Lantari Jaya, dan terbukti berhasil. “Tahun 2016, Bhabinkamtibmas Lantari Jaya, Brigadir Irfan telah melakukan budidaya ikan bandeng di tambak miliknya. Hasilnya selain untuk dikomsumsi juga dijual kepada pedagang dan masyarakat
setempat,” ujarnya.


Laporan: Refli

Comment

Topik Hari Ini