by

Panjang 1,5 KM, lebar 9 Meter, Jalan Desa Lombu Jaya-Matano Fo Telan Anggaran Rp 2 Miliar

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM —┬áPemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mulai mengerjakan pembukaan jalan baru jalur Desa Lombu jaya-Matano Fo, Desa Laworo, Kecamatan Sawerigadi, sepanjang 1,5 KM dan lebar 9 Meter dengan nilai anggaran Rp 2 Miliar yang bersumber dari DAU 2020.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Ir. Karimin, mengatakan pembangunan jalan tersebut sebagai upaya membuka jalur baru bagi wilayah yang dianggap terisolir sekaligus mempermudah akses masyarakat menuju Rumah sakit Daerah (RSUD) Mubar dan perkantoran.

banner 720x527

“Ini jalur strategis dan sangat vital karena memudahkan akses masyarakat menuju RSUD Mubar dan perkantoran,” katanya kepada TOPIKSULTRA.COM, Rabu (3/6/2020).

Pembangunan infrastruktur jalan ini juga diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dengan terbukanya jalur transportasi serta terbukanya wilayah pemukiman baru di wilayah tersebut.

“Akses jalan baru ini tentu akan dapat menambah geliat ekonomi masyarakat, dimana yang tadinya belum ada transportasi kini sudah dapat dilalui, kemudian bisa membuka wilayah pemukiman baru, jadi secara otomatis akan lebih menaikan harga tanah masyarakat ke depannya,” ujarnya.

Proyek jalan baru Desa Lombu Jaya-Matano Fo kini dikerjakan PT. Varid Pratama. “Tahap awal, pekerjaan jalan tersebut baru sebatas perkerasan dengan menggunakan material organ pilihan,” kata Karimin.

Laporan: La Ode Pialo

Comment