Pemkab Kolaka Gelontorkan Rp 10 Miliar Bangun Jalan di Pomalaa

-Berita, Kolaka-98 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Pemerintah Kabupaten Kolaka bakal memperluas ruas jalan di Kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa sepanjang 400 meter dengan lebar 24 meter.

Anggaran sebesar Rp10 miliar yang bersumber dari APBD telah disiapkan Pemkab Kolaka untuk ganti rugi kepada masyarakat yang terimbas dari pembangunan fisik jalan itu.

banner 720x527

“Pengerjaannya akan kita mulai pada Juli 2020 mendatang,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kolaka, Arifin Jamal, Senin (22/6/2020).

Kata dia, proyek pelebaran jalan itu tidak dapat dilakukan pada awal tahun ini, sebab masih menunggu sejumlah masyarakat yang harus menyelesaikan pembangunan rumahnya di lahan yang telah disediakan oleh pemerintah sebagai ganti rugi.

Pemerintah, kata dia, memberikan waktu kepada masyarakat sampai akhir Juni ini untuk segera menyelesaikan pembangunan rumahnya, sehingga pada Juli 2020 mendatang dapat segera direalisasikan pembangunan jalan tersebut.

“Masyarakat memang kita berikan ganti rugi uang untuk digunakan sebagai pembangunan rumah yang baru,” jelasnya.

Selain memperluas ruas jalan di Kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa, Pemkab Kolaka juga berencana melakukan pelebaran jalan dari Kantor Camat Pomalaa sampai Fly Over Antam sepanjang 2 kilometer, dengan lebar ruas jalan 24 meter untuk menghindari kemacetan di waktu-waktu tertentu.

Saat ini, kata mantan Kabag Pemerintahan Setda Kolaka itu, pemerintah sedang melakukan negosiasi dengan masyarakat setempat yang terdampak pelebaran jalan itu.

“Kita perkirakan tidak terlalu banyak rumah dan bangunan yang berimbas dari pelebaran jalan itu,” katanya.

Laporan : Azhar Sabirin