by

Dispora Wakatobi Ajak PODSI Jaring Atlet Dayung

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wakatobi mengajak pengurus besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) menjaring cikal bakal atlet dayung di daerah wisata tersebut.

Kadis Pemuda dan Olahraga Wakatobi Laode Adili di Kendari, Selasa mengatakan pemerintah daerah siap membantu dan mendukung kegiata penjaringan atlet dayubg di Wakatobi.

banner 720x527

“Penting kami ajak PB PODSI menjaring calon atlet dayung karena anak remaja usia sekokah dasar (SD) di Wakatobi memiliki talenta pedayung ” kata Adili.

Sederet pedayung nasional yang berasal dari Wakatobi bukti potensi alamiah yang harus dioptimalkan melalui pembinaan yang berkelanjutan dari daerah hingga ke tingkat nasional.

Pedayung Abdul Razak yang mewakili Indonesia di prakualifikasi Olimpiade Hirosima tahun era 80-an berasal dari Wakatobi.

Sejak itu, kata Adili regenerasi pedayung asal Wakatobi terus langgeng hingga mengorbitkan pedayung kawakan, seperti pedayung Cano Marzuki, pedayung kayak La Jempolo, Lampada dan Sayadin.

Ketua PODSI Sultra Abdurrahman Saleh mengatakan pembinaan atlet dayung membutuhkan kolaborasi Kemenpora, KONI, PB PODSI dan swasta peduli olahraga dayung.

“Sultra dikenal sebagai lumbung atlet dayung nasional. Pedayung-pedayung Sultra berbakat alam dengan latar belakang masyarakat pesisir handal, seperti di Wakatobi, Buton, Muna dan Konawe Utara,” kata Rahman Saleh yang juga Ketua DORD Sultra.

Ia menyambut baik ide Kadispora Wakatobi yang mengajak PB PODSI untuk merekrut anak-anak remaja bertalenta dayung di daerah wisata tersebut. (red)

Comment

Topik Hari Ini