by

Eks Perangkat Desa di Mubar Menunggu Keputusan Pemda

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM — Surat Keberatan 127 perangkat desa yang di pecat oleh kepala desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar) tinggal menggu hasil keputusan pemda Mubar. Hal itu disampaikan Kuasa Hukum Rusman Malik.

Kata dia, Pemda Mubar telah memberikan statemen terkait surat keberatan perangkat desa yang di pecat oleh kepala desa. Pemda Mubar juga menerima informasi bahwa Keberatan tersebut sudah sampai di kementrian dalam negeri.

banner 720x527

“Pemda Mubar masih menunggu surat dari kementrian, setelah menerima surat itu mereka akan mengirim tim untuk berkunjung di Kementrian,” ucap Rusman.

Rusman juga menyampaikan bahwa Pemda Mubar juga merespon baik keberatan perangkat desa yang di pecat secara tidak prosedural oleh kepala desa. Namun terkait putusan, pihak pemda masih akan melakukan kajian hukum.

“Kemarin kita telah melakukan dialog dengan Pemda Mubar dan diterima langsung oleh wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani, alhamdulillah diterima dengan baik dan secepatnya memberikan keputusan terkait tuntutan kami,” katanya

Untuk di ketahui Dari 81 Desa yang ada di Mubar, sebanyak 27 Desa, 127 perangkat Desa melakukan keberatan terkait pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang sudah dilakukan oleh kepala desa setempat.

Sebelumnya, 127 perangkat desa itu sudah melayangkan surat keberatan di pemerintah daerah Muna Barat pada tanggal 29 Juni 2020. Tetapi dalam jangka waktu kerja 7 hari, Pemda Mubar belum memberikan balasan. buntut tiada titik terang di Pemda, Melalui kuasa Hukum yang ditunjuk, Rusman Malik,SH langsung mengadukan surat keberatan itu di Kemendagri RI Selasa, (14/7/2020).

Selain mengadukan surat keberatan di Kemendagri, Rusman Malik juga mengirimkan layangan tebusan surat di Ombudsman RI, DPR RI dan Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI)

Laporan : La Ode Pialo

Comment

Topik Hari Ini