by

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di USN Kolaka Berubah, Catat Jadwalnya!

-Berita, Kolaka-323 views

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengumumkan jadwal pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 mengalami perubahan.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu mengatakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN yang awalnya dijadwalkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dilaksanakan per hari sebanyak empat sesi, kini diubah menjadi dua sesi. Perubahan tersebut dilakukan karena pandemi Covid-19.

banner 720x527

Meski terjadi perubahan sesi, kata Ruslin, jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN masih tetap sama yakni tanggal 5 -14 Juli 2020 untuk tahap pertama, sementara untuk tahap kedua digelar pada tanggal 20-29 Juli 2020.

“Kami meminta maaf kepada seluruh peserta karena adanya perubahan ini. Tapi yang harus dipahami bahwa ini bukan hanya terjadi di USN Kolaka tetapi terjadi secara nasional,” ujarnya, Rabu (1/7/2020).

Disebutkan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN diagendakan satu tahap, di mana sesi 1 akan dimulai pukul 09.00 Wita, sedangkan sesi 2 akan dimulai pukul 14.00 Wita. Karenanya, semua peserta diharapkan hadir sesuai jadwal.

Ruslin juga berpesan kepada para peserta yang berasal dari luar daerah atau dari luar Provinsi Sultra yang tidak bisa datang ke Kolaka, agar segera melapor ke Panitia UTBK USN Kolaka, sehingga pihak USN dapat segera mengirimkan surat ke Panitia UTBK Nasional untuk force majeure pelaksanaannya pada tanggal 30 Juli sampai 2 Agustus.

“Tapi kalau tidak memungkinkan, maka kami akan melaporkan ke Panitia UTBK Nasional untuk dicarikan solusi,” katanya.

Kata Ruslin, apabila ada calon mahasiswa yang memilih UTBK di daerah selain di Kabupaten Kolaka, pihaknya membolehkan yang bersangkutan untuk mengikuti UTBK di USN Kolaka.

“Ada beberapa peserta yang melapor tidak bisa masuk ke Makassar, sehingga ujiannya bisa di USN Kolaka. Tetap komunikasi dengan panitia UTBK USN, nanti kami yang komunikasi dengan panitia UTBK Nasional,” pungkasnya.

Laporan : Azhar Sabirin

Comment

Topik Hari Ini