8.601 Jiwa Nonaktif, BPJS Kesehatan Usulkan Anggaran Hingga Rp. 1,3M ke Pemda Mubar

MUNA BARAT, TOPIKSULTRA.COM — Badan Penyelenggara Jamninan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) telah mengusulkan anggaran sebesar Rp.800 juta -Rp. 1,3 miliar ke Pemda Mubar untuk menanggulangi 8.601 jiwa peserta BPJS yang Nonaktif sekaligus menambah kuota BPJS bagi masyarakat kurang mampu.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mubar, Ahmad Fitrawan, mengaku, usulan anggaran tersebut sementara dibahas tim anggaran Pemda Mubar dan nantinya akan di bahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

banner 720x527

“Jadi kalau ada masyarakat yang nonaktif, bisa langsung koordinasi ke Dinas Kesehatan atau BPJS Kesehatan untuk dicek datanya dan diberikan solusi”,jelasnya melalui whatsapp.

Fitrawan mengakui, masyarakat Mubar belum seluruhnya mendapatkan BPJS kesehatan yang ditanggung oleh pemda sehingga dengan anggaran tersebut Pemda Mubar bisa Menambah kuota.

“Jadi selain Peserta BPJS nonaktif, pemda juga bisa menambah kuota bagi masyarakat yang kurang mampu memiliki kartu BPJS,” tuturnya.

Menurutbya, tahun ini pemda Mubar telah mengucurkan dana sebesar Rp.9,4 miliar kepada BPJS kesehatan Mubar untuk membiayai masyarakat kurang mampu.

“Anggaran awal tahun Rp.6,4 miliar kemudian ditambahan Rp. 3 miliar pada realokasi anggaran bulan Mei.Jadi total untuk tahun 2020 sekitar Rp. 10,7 miliar jika usulan kami diterima”,ujarnya.

Laporan: Laode Pialo

Topik Hari Ini