Abu Hasan: Tak Hanya Pembinaan Organisasi, Pramuka Perlu Keterampilan

BUTON UTARA, TOPIKSULTRA.COM — Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan menegaskan pembinaan kepramukaan tidak hanya pada pembinaan organisasi, tapi perlu pembinaan keterampilan.

Hal itu dikatakan Abu Hasan usai apel besar pramuka dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75, di lapangan Raja Jin, Kecamatan Kulisusu, Selasa (18/8/2020), dengan tema “Ayo Gotong Royong Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

banner 720x527

Menurutnya, gerakan pramuka adalah organisasi pembinaan generasi muda yang berorentasi pada karakter, sehingga sejak dini sudah digembleng dalam pembinaan karakter untuk memperkenalkan diri.

“Karena organisasi itu penting untuk generasi muda untuk mereka mengenal diri, memahami lingkungan, memahami hubungan-hubungan pribadi dan hubungan sosial serta kelembagaan yang lebih luas,”tuturnya.

Selain karakter, generasi muda juga harus ditopang keterampilan kerja sebagai modalitas untuk terjun ke masyarakat terutama setelah mereka menyelesaikan pendidikan.

Bupati berharap kepada kwarcab pramuka untuk terus bisa mengikuti dinamika sosial, ekonomi dan politik, agar bisa memposisikan diri sebagai organisasi pendidikan yang berorentasi pembinaan karakter yang independen. “Membina generasi muda menjadi generasi masa depan yang berkarakter,” ujarnya.

Ketua Kwarcab Buton Utara, Jafarudin melaporkan, peserta apel besar Pramuka melibatkan 120 orang-pramuka penegak pandega dan siaga.

“Tahun ini kita hanya libatkan siaga dan pandega untuk peserta, dengan tetap mematuhi ptotokol kesehatan covid-19,” katanya.

Rencananya, kata Jafaruddin, akan digelar napak tilas yang sempat tertunda. “Kegiatan mendesak lainnya kita rencanakan napak tilas memperingati hari pramuka dan proklamasi, waktunya belum ditetapkan,” katanya

Laporan: Ardian

Topik Hari Ini