Arhawi : PAD Wakatobi Melebihi Target, Opini WTP Enam Kali Beturut-turut

WAKATOBI, TOPIKSULTRA.COM – Bupati Kabupaten Wakatobi, H Arhawi telah menunjukan sisi positif dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019, dalam laporannya kepada legislatif mengenai Penghasilan Asli Daerah (PAD) telah didongkrak dengan capaian 102,17%.

Pada APBD-P Tahun 2019 telah ditetapkan target PAD Wakatobi sebesar Rp 893 Miliar, sedangkan realisasinya sebesar Rp 912 Miliar yang menunjukan kinerja sebesar 102,17% atau melebihi target dari yang telah ditetapkan terutama pada hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain lain pendapatan daerah yang sah.

banner 720x527

“Menunjukan hal yang positif karena salah satu tujuan dari otonomi daerah adalah meningkatakan kemandirian daerah melalui peningkatan kapasitas fiskal daerah,” ucap Arhawi saat menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di DPRD Wakatobi (7/8/2020).

Kemudian dalam pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Wakatobi berdasarkan hasil audit BPK Tahun Anggaran 2019 yang diserahkan BPK RI pada Tanggal 12 Juni 2020, Wakatobi meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), apresiasi ini merupakan ke enam kalinya secara berturut turut dinilai peningkatannya dari segi kebijakan dan pelaksanaan.

“Saya pribadi menyampaikan terimakasih untuk kita semua yang terlibat dan berpartisipasi,” urainya.

Komitmen Arhawi untuk menggali potensi daerah pada bidang ekonomi kembali ditegaskan pada saat deklarasi HALO di Lapangan Merdeka Wangi-Wangi dengan menyampaikan akan terus berjuang meningkatkan PAD meski dalam suasana pandemi Covid-19.

“Saya akan berjuang mencari uang untuk. Ketika saya keluar daerah maka Hardin La Omo nantinya mewakili saya di daerah ini,” ucap Arhawi (9/8).

Ketua Golkar Wakatobi ini juga meminta dukungan masyarakat kepada pasangan Arhawi-Hardin La Omo (HALO) menghadapi Pilkada Wakatobi 2020, menurutnya melanjutkan kepemimpinannya ke dua periode bertujuan untuk menuntaskan program berkelanjutan yang telah digagasnya.

“Kami telah merencanakan pembangunan dan ini membutuhkan waktu, beri kami kesempatan untuk melanjutkan, bersama bapak Hardin La Omo Insya Allah percepatan pembangunan akan kita wujudkan bersama, dan kesejahteraan serta kemakmuran akan kita capai. Ini optimis saya,” tambahnya.

Laporan : Hendriansyah

Topik Hari Ini