by

Humas Polda Sultra Harapkan Pers Memberitakan Kebenaran

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Pers, melalui tulisannya yang terekspos mampu membentuk persepsi atau opini publik, sehingga para wartawan diharapkan dapat menyuguhkan informasi dan data sesuai fakta.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Ferry Walitukan pada forum silaturahmi wartawan Kamtibmas dengan jajaran Humas Polda Sulawesi Tenggara dalam Coffee Morning di salah satu cafe ternama di Kendari, Rabu (26/08/2020).

“Dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan, kita memiliki tantangan menuju sukses. Begitupun wartawan dan polisi, sehingga diharapkan kita dapat bekerja profesional sesuai ketentuan,” katanya.

Pers diharapkan memberitakan sesuatu sesuai fakta atau kebenaran, sebab publik menganggap informasi yang disebarluaskan melalui media adalah sesuatu yang benar terjadi sehingga selalu menjadi rujukan.

Ia pun memaklumi tantangan para wartawan menghimpun informasi dilingkup kepolisian cukup menantang.

“Saya selaku penanggungjawab kehumasan di Polda Sultra bersedia setiap saat dikonfirmasi teman-teman wartawan. Kalau hal yang dipertanyakan belum terjawab seketika harap dimaklumi,” kata Ferry.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sultra, Sarjono mengatakan, wartawan dan narasumber dari kepolisian adalah mitra sejajar yang saling membutuhkan.

“Nilai tertinggi dari profesi kewartawanan adalah nara sumber berita. Pers harus menjaga kepercayaan nara sumber karena tanpa narasumber, pers tidak berarti apa-apa,” terang Sarjono.

Wartawan sebagai pekerja profesional terus dituntut memiliki kapasitas yang mumpuni demi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Laporan: Faisal Hasan

Comment

Topik Hari Ini