Bunda PAUD Kendari Gelar Seminar Kelas Orang Tua

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — PAUD Kota Kendari menggelar seminar kelas orang tua dengan tema “Gembira Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19″, yang dilakukan via online (daring), Minggu (11/10/ 2020).

Ketua Bunda PAUD Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengatakan hal ini bertujuan meningkatkan semangat dan minat belajar anak. kebijakan pemerintah yang dikeluarkan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 melalui surat edaran Menteri Pendidikan nomor 04 tahun 2020, mewajibkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah.

banner 720x527

Hal ini mengakibatkan anak akan belajar dari rumah (BDR) dan orang tua mendampingi anak dalam proses belajar tersebut.

“Di masa pandemi Covid-19 ini juga orang tua diingatkan bahwasanya mereka adalah pendidik yang pertama dan utama.

“Hikmah pandemi ini adalah kesempatan baik keluarga untuk melakukan kegiatan bersama, makan bersama, beribadah bersama, belajar bersama yang selama ini sulit untuk dilakukan, terutama bagi orang tua yang memiliki kesibukan yang mengakibatkan mereka pergi pagi pulang malam karena faktor pekerjaan utamanya di perkotaan,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, pandemi merupakan momentum yang mempertegas perlunya penguatan kemitraan dan keselarasan peran dan fungsi tiga pusat pendidikan yaitu satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat dalam memastikan pelaksanaan belajar dari rumah tetap berlangsung sesuai kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Karena itu, jelas Sri Lestari, keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini bukan hanya penting pada momentum pandemi Covid-19. Namun keterlibatan orang tua pada dasarnya harus senantiasa terjadi pada kondisi apapun. “Orang tua adalah penuntun, penyokong, peran pengajar, dan teladan bagi anak-anaknya,” ucapnya.

Ia menjelaskan Webinar Kelas Orang Tua berbagi dilaksanakan dalam upaya memfasilitasi orang tua untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan dalam pendidikan dan pengasuhan terutama pendampingan saat anak belajar dari rumah.

“Kelas Orang Tua Berbagi dikemas melalui kegiatan seminar dalam jaringan (webinar) yang menjadi wahana berbagi informasi dan praktek baik yang dilakukan orang tua mendampingi anak dalam pengasuhan dan pendidikan saat melaksanakan belajar dari rumah,” jelasnya.

Menurutnya, orang tua yang menjadi peserta dapat menjadi penggerak bagi orang tua lainnya, sebagai dampak dari keikutsertaannya dalam kegiatan kelas orang tua berbagi.

“Maka pada hari ini, para bunda-bunda bersama ayahandanya, tentunya kami mengimbau untuk mengikuti kelas orang tua berbagi melalui seminar dalam jaringan guna meningkatkan dan
menambah minat belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19,” tuturnya

Laporan: Betirudin

Topik Hari Ini