Warga Desa Teposua Terpaksa Patungan Bangun Jembatan Penghubung Antar Dusun

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM –— Warga Desa Teposua Kecamatan Pakue Utara Kabupaten Kolaka Utara, terpaksa harus turun tangan-patungan membangun 3 unit jembatan yang menghubungkan antar dua dusun di desa tersebut.

Kepala Desa Teposua, Rahmad Sabahi mengatakan, pembangunan 3 unit jembatan tersebut, walaupun sifatnya darurat namun sangat dibutuhkan, karena merupakan akses penghubung antar warga dusun III dan IV yang sekaligus menghubungkan dengan Desa Pakue. “Jalur antara dusun III dan IV merupakan akses utama perekonomian warga desa, karena umumnya warga dusun III punya lahan kebun di dusun IV,” katanya kepada TOPIKSULTRA.COM, Kamis (22/10/2020).

banner 720x527

Selain itu, sebagian warga dusun yang mengelolah tambak, menjadikan jalur tersebut sebagai jalur alternatif-by pass (jalan pintas) ke lahan tambak.

Karena itu, Kepala Desa Teposua, Rahmad Sabahi mengajak warganya bermusyawarah terkait pembangunan 3 unit jembatan non permanen secara swadaya. “Materialnya dari batang kelapa, dan jembatan non permanen ini muni swadaya warga, bukan dari dana desa,” ujarnya.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, tidak ada desa yang terserap untuk infrastruktur karena dialihkan untuk mengatasi bantuan sosial Covid-19. “Kami hanya bisa berharap agar Pemda Kolut bisa membantu pembangunan jembatan permanen yang tidak hanya menghubungkan antar dusun tapi juga menghubungkan dengan Desa Pakue-tembus depan kantor Camat Pakue Utara,” katanya.

Laporan: Ahmar

Topik Hari Ini