La Nyalla Mattaliti Dianugerahi Gelar Kerajaan Kabaena

BOMBANA, TOPIKSULTRA.COM — Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), AA La Nyalla Mahmud Mattalitti di anugerahi gelar kehormatan Mbue La Somba Sangia Tontontari oleh Kerajaan Tokotua Kabaena Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gelar kehormatan tersebut disematkan kepadanya oleh Ketua Dewan Sara Lembaga Kerajaan Tokotua Kabaena, YM. Zainuddin Tahyas di Rujab Bupati Bombana, Jum’at (20/11/2020), dalam kunjungan kerja DPD RI di Kabupaten Bombana.

banner 720x527

“Diberikan gelar Mbue La Somba Sangia Tontontari, menjadikan bapak AA La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai tokoh di Tokotua Kabaena,” ujar Ketua Dewan Sara Lembaga Kerajaan Tokotua Kabaena, YM. Zainuddin Tahyas.

YM. Zainuddin menjelaskan, gelar kehormatan yang dianugerahkan tersebut merupakan gelar Raja Tokotua Kabaena ke X yang berkuasa pada tahun 1587 hingga tahun 1594, yang pada masanya telah menjadikan rakyatnya hidup rukun, damai, makmur dan sejahtera.

“Sehingga penganugerahan ini menjadi momentum sejarah bagi masyarakat Tokotua Kabaena agar Wonua yang kami cintai menjadi jendela otonomi baru yaitu Kabupaten Kepulauan Kabaena,”ujar Zainuddin Tahyas.

Sementara itu, usai disematkan gelar kehormatan, Ketua DPD RI , La Nyalla Mattalitti mengaku sangat  berterima kasih atas penganugerahan gelar dari kerajaan Tokotua Kabaena tersebut.

Menurutnya, hal itu adalah sebuah kebanggaan besar diberikan kepadanya.

“Gelar kehormatan ini adalah suatu amanah dan kehormatan yang harus saya jaga,” ujar Mattaliti dalam sambutannya.

Laporan: Refli

Topik Hari Ini