Soroti Tambang Ilegal di Sultra, Komisi III DPR RI: Sudah Saatnya Kita Lakukan Sidak

-Berita, Kendari-331 views

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Komisi III (tiga) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menegaskan akan melakukan sidak secara langsung di lokasi pertambangan ilegal yang diduga terjadi di sejumlah titik di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Anggota komisi III DPR-RI, Eva Yuliana mengatakan, pihaknya telah menerima banyak aduan terkait aktivitas tambang ilegal di Sultra. Aduan-aduan tersebut menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam rapat kerja spesifik Komisi III bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sultra, Kejaksaan, dan KUMHAM yang digelar di Mapolda Sultra pada 19 hingga 21 November 2020.

banner 720x527

Eva mengaku, pada pembahasan ilegal minning, pihaknya tidak menyudutkan beberapa pihak atau salah satu pihak, namun bagaimana kita mencari solusi dari pengaduan-pengaduan masyarakat yang sudah banyak masuk ke komisi III DPR- RI.

Anggota DPR-RI fraksi partai Nasdem ini juga menyebutkan, beberapa aduan yang diterima diantaranya pertambangan yang ada di Kabupaten Konawe Utara yang diduga dilakukan di atas lahan yang tidak memiliki izin dan di beberapa tempat lain yang melaporkan adanya pertambangan di dekat pemukiman warga, bahkan ada yang dilakukan di halaman sekolah.

“Tentu ini tidak dibenarkan. Pada ilegal mining ini kita tau ada tiga dosa yang dilakukan oleh pelaku usaha swasta atau penambang ilegal ini. Dosa yang pertama adalah kerusakan lingkungan hidup, dosa yang kedua tentu pada pendapatan negara yang dirugikan. Negara merasa rugi, juga daerah merasa rugi karena tidak ada PAD yang masuk. Yang ketiga adalah kesejahteraan masyarakat setempat ini yang tidak dipenuhi, jadi tidak ada tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh para penambang ilegal ini terhadap masyarakat,” katanya kepada wartawan, ditemui di Mapolda Sultra, Jumat (20/11/2050).

Eva menegaskan, apabila ada indikasi korupsi dalam kasus pertambangan ilegal ini, maka kewajiban Polda dan kejaksaan untuk menyelesaikannya dengan baik.

“Untuk jajaran Polda, apa kendala-kendala yang dihadapi ketika persoalan ini semakin marak terjadi,” tuturnya.

Eva menambahkan, Komisi III DPR-RI, merasa penting untuk melakukan sidak ke lokasi tambang untuk melihat bagaimana penambangan-penambangan ilegal ini dilakukan.

Laporan: Emil

Topik Hari Ini