Pilkada Wakatobi HALO unggul 51,9 Persen

KENDARI, TOPIKSULTRA.COM — Lembaga survei The Haluoleo (HI) Institute merilis Popularitas, Kesukaan dan Elektabilitas Calon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi pada Pilkada Serentak Tahun 2020 pada hari Selasa 1 Desember 2020 di Kendari.

Data hasil survei yang diterima topiksultra.com dari Direktur Eksekutif Haluoleo Institut, Naslim Sarlito Alimin tercatat, pengumpulan yang dilakukan HI dimulai sejak tanggal 13 November sampai 16 November 2020 dengan jumlah responden sebanyak 880 orang yang tersebar diseluruh Wakatobi, sampel yang digunakan tidak menunjukan bias pada segmen gender maupun Dapil yang dimiliki oleh data BPS maupun presentase DPT KPU dengan Margin Of Erors 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

banner 720x527

Pada uji pasangan calon peserta pilkada nomor urut satu, H Arhawi-H Hardin La Omo unggul 51,9 persen ketimbang rivalnya (nomor urut dua) Haliana-Ilmiati Daud dengan perolehan angka 42,7 persen, jumlah swing voters di angka 5,4 persen.

Lembaga survei dengan tingkat akurasi mendekati hasil pemilu di setiap pilkada ini juga menyampaikan persepsi masyarakat tentang tingkat keberhasilan Pemda Wakatobi dengan presentase menilai cukup berhasil sebesar 48,4 persen, kurang berhasil 35,5 persen, tidak berhasil 4,1 persen, sangat berhasil 4,1 persen dan TT/TJ sebesar 7,9 persen.

Sementara itu kepuasan masyarakat terhadap kinerja incambent sebesar 45,9 persen, menilai kurang puas 32,5 persen, sangat puas 9,5 pesen, tidak puas sama sekali 9,1 persen, TT/TJ 3,0 persen.

Kemudian pada penanganan virus covid-19, masyarakat menilai keberhasilan Pemda Wakatobi sebesar 72.0 persen, kemudian presentase pemilih tetap akan memilih meski tidak diberikan uang (money politik) sebesar 94,7 persen.

Selain Wakatobi, HI juga merilis hasil survei untuk Pilkada Muna dengan hasi cukup mengejutkan, pasangan LM Rusman Emba dan Bachrun Labunta menang telak dengan perolehan 62,7 persen sedangkan pasngan LM Rajiun TumadaH La Pili sebesar 31,1 persen, Swing Voters 6,2 persen.

Kemudian untuk Pilkada Konsel petahan Surunudin Dangga berpasangan dengan Rasyid juga dengan perolehan presentase masih di atas angin atau sebesar 61,1 persen unggul jauh ketimbang tiga rivalnya.

Laporan : Hendriansyah

Topik Hari Ini