Wakatobi Disebut Spesial dari Lima Kabupaten yang Dimenangkan PDIP di Sultra

WAKATOBI, TOPIKSILTRA.COM — Pilkada serentak 2020 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil menang di lima kabupaten dari tujuh daerah di Sultra yang melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Wakil Ketua PDIP Sultra, Agus Sanaa mengatakan lima kabupaten itu adalah Wakatobi, Konkep, Konawe Utara, Muna dan Kolaka Timur. Kemanangan ini merubah peta politik khususnya di Sultra karena mampu mengikis dominasi PAN dan Golkar sehingga akan menjadi batu lontacan menghadapi momentum politik selanjutnya.

banner 720x527

“Kedepan kita akan lebih siap menghadapi pemilu,” ucap Agus kepada topiksultra.com, 17 Desember 2020.

Dengan demikian presentase sebaran kepala daerah dari PDIP menjadi delapan kabupaten. Tiga daerah yang sebelumnya dimenangkan yaitu, Buton Selatan, Kota Baubau dan Kolaka.

Juru Bicara DPD PDIP Sultra ini juga menambahkan, kemenangan partai besutan Megawati di Wakatobi dinilai spesial ketimbang dari daerah lainnya, karena pertarungan lima tahun lalu kembali terjadi antara Haliana dan Arhawi. “Arhawi sebagai petahana kini dikalahkan,” tuturnya.

Ditambah dengan kemenangan dengan presentase 3,2 persen atau perolehan suara sebesar 2.032 sangat jauh ketimbang kemenangan Arhawi lawan Haliana lima tahun lalu di angka 777.

Agus menambahkan ada dua kabupaten di Sultra dimana kader PDIP melawan rivalnya yang sama, yaitu Wakatobi dan Buton Utara.

“Dulu kita menang di Butur, sekarang kita dikalahkan oleh Ridwan Zakaria,” tambahnya.

PDIP mengigatkan agar seluruh kader maupun bupati terpilih setelah dilantik nantinya dapat merealisasikan janji janji politik semasa kampanye. Karena harapan masyarakat tentang perubahan dapat diwujudkan.

“Jangan sampai kader kita malah lebih baik dari petahana yang telah dikalahkan,” urainya.

Laporan : Hendriansyah

Topik Hari Ini