by

3.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Kolaka

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM — Sebanyak 3.000 dosis vaksin Covid-19 dijadwalkan tiba di Kabupaten Kolaka pada hari ini, Rabu (27/1/2021).

“Distribusi vaksin dari Kendari ke Kolaka hari ini tiba. Tadi sudah dijemput, disana sekarang belum pelepasan. Nanti pelepasan bersamaan dengan Kolaka Utara, Kolaka, dan Kolaka Timur,” kata juru bicara vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr Asis.

Pelaksanaan vaksinasi di Bumi Mekongga akan dimulai pada awal Februari tahun ini. Sebanyak 3.000 vaksin itu disediakan untuk dua tahap penyuntikan.

Sebagai pencanangan, kata Asis, penyuntikan vaksin Covid-19 akan dilakukan pada sejumlah pejabat esensial seperti Kapolres Kolaka, Dandim 1412 Kolaka, hingga beberapa orang pejabat eselon II Pemda Kolaka.

“Kalau pak bupati itu tidak kita vaksin karena umurnya sudah 62 tahun. Yang kita vaksin itu 18 sampai 59 tahun,” jelasnya.

Selain itu, penyuntikan vaksin Covid-19 akan diprioritaskan kepada 1.487 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kolaka.

Kata dia, untuk tenaga kesehatan yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19, pihaknya tidak akan memaksa yang bersangkutan untuk disuntik vaksin.

“Yang sudah terpapar sebenarnya bisa tidak diberikan vaksin. Kalaupun mau harus didaftar ulang tapi untuk sementara ditunda saja dulu,” ujarnya.

Menurutnya, semua nakes di Kabupaten Kolaka pada dasarnya siap untuk divaksin. Kalaupun ada nakes yang menolak divaksin maka pihaknya akan memberikan pemahaman soal fungsi vaksin.

“Jangan sampai dia menolak karena termakan hoax. Tapi kalau dia betul-betul nakes dia pasti paham fungsi vaksin,” katanya.

Laporan : Azhar Sabirin

Topik Hari Ini