Disdukcapil Kolut Gunakan Jasa Kurir Antarkan Dokumen Kependudukan Warga

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Tahun 2021 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), punya terobosan baru dalam memudahkan pelayanan kepada warga di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kolaka Utara, Buhari, mengatakan untuk memudahkan pelayanan warga di masa pandemi, bupati Kolut, Nur Rahman Umar mendorong pihaknya menggandeng jasa kurir untuk memberikan layanan pengantaran dokumen capil kepada warga mulai dari e-KTP, KK dan lainnya.

banner 720x527

Dengan adanya terobosan tersebut, warga khususnya yang berada di Ibu Kota Kecamatan Lasusua tidak perlu lagi ke kantor. “Untuk tahun ini kita baru melayani khusus warga di Ibu Kota Lasusua,” kata Buhari kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin,(11/1/2021).

Selain itu, pihaknya juga mendorong pelayanan adminstrasi kependudukan dan capil secara cepat dengan cara jemput bola ke desa-desa dengan bekerja sama pemerintah desa yang telah memiliki jaringan
internet.

Menurutnya, desa yang sudah memiliki jaringan internet bisa cetak sendiri dokumen kependudukan karena sudah memiliki aplikasi format seperti pembuatan KK, pindah domisili dan akta kelahiran. “Bagi desa yang belum terjangkau jaringan internet masih bisa langsung mengurus di Kantor Disdukcapil,” tutur manntan Kadis Infokom dan Persandian Kolut ini.

Sementara, Direktur Kurirku, salah satu jasa pengantar di Kolut, Sulaeha, mengaku siap bekerjasama dengan Disdukcapil dalam hal kontrak jasa pengantaran dokumen kependudukan dan capil kepada warga Kolut.

Pihaknya kata Sulaeha, memiliki sedikitnya 22 tenaga pengantar yang telah mengenal setiap sudut wilayah Lasusua. “Kalau kami pada prinsipnya sangat siap,” kata perempuan asal Desa Lapolu Penerima penghargaan Perempuan inisiator dari Menteri pemberdayaan Perempaua dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI) ini.

Laporan: Ahmar

Topik Hari Ini