Kolut Kaji Penerapan PSBB, Januari 2021 Positif Covid-19 Tembus 94 Kasus

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Irham, mengatakan, ada kemungkinan Kabupaten Kolut menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini dikatakan Irham menyikapi jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus meningkat, dimana Per 10 Januari 2021 di Kabupaten Kolaka Utara kasus terkonfirmasi Positif sudah sampai 94 orang. “Ini akan kita kaji kemungkinan penerapan PSBB, tapi tergantung keputusan Satgas Covid-19,” katanya kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, semua kasus positif hampir merata di masyarakat dan bukan lagi berasal dari klaster tertentu. ” Dari 94 kasus di bulan Januari 2021, 2 orang meninggal dunia, ” katanya.

banner 720x527

Irham menduga, lonjakan kasus positif yang terjadi kemungkinan besar akibat adanya kontak langsung baik dari dan antar petugas kesehatan maupun dari dan antar masyarakat, sehingga banyak petugas tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif. “Makanya terus kita sosialisasikan tidak hanya 3 M, tapi menjadi 5 M,” tuturnya.

Menurutnya, sosialisasi 5 M yakni selalu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menjaga jangan sampai berkerumun.

Irham menilai, kasus terkonfirmasi positif bukan hanya dari tenaga kesehatan dan rumah sakit umum. “Saya melihat kasus ini hampir merata di tengah masyarakat dalam awal Januari 2021,” ujarnya.

Irham mengaku, hal ini juga merupakan kelemahan pihaknya, karena jujur bahwa masyarakat sudah sangat Jenuh dengan persoalan ini. “Masyarakat juga tidak membantu untuk melaporkan diri, nanti ada gejala baru mereka melapor, ” tuturnya.

Laporan: Ahmar

Topik Hari Ini