Pramuka Diminta Pertajam Kewirausahaan

KOLAKA, TOPIKSULTRA.COM —  Ketua Kwarda Pramuka Sultra, Irawan Laliasa meminta para pengurus dan anggota gerakan Pramuka cabang Kolaka untuk mempertajam insting kewirausahaan.

Keinginan itu disampaikan oleh Irawan Laliasa saat menghadiri Musyawarah Cabang IX 2021 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kolaka masa bakti 2020-2025 di salah satu hotel di Kolaka, Kamis (14/1/2021).

banner 720x527

Saat ini, Kwartir nasional Pramuka memiliki tujuh program prioritas, dimana pengurus Pramuka di setiap daerah ditekankan menindaklanjuti semua program prioritas itu.

Dari ketujuh program prioritas itu, Irawan menekankan agar setiap pengurus gerakan pramuka di daerah membina anggotanya untuk pertajam insting kewirausahaan sebagai salah satu upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi daerah.

 “Organisasi lain bisa, masa pramuka tidak bisa mencapai kemandirian,”  tantang Irawan.

Di Sulawesi Tenggara, sebut Irawan, pengurus Kwarcab Pramuka Muna mulai menjalankan kewirausahaan berupa ternak sapi. Karena itu ia menantang pengurus Kwarcab Pramuka lainnya untuk melakukan berbagai bidang usaha.

Lahan kosong di pekarangan rumah misalnya, dapat digarap menjadi lahan produktif. “Saluran air juga bisa kita manfaatkan untuk beternak ikan, contohnya ikan lele,” tandasnya.

Menurutnya, tantangan para pengurus gerakan Pramuka saat ini adalah bagaimana memodernisasi cara berpikir dengan perkembangan zaman.

“Ini tantangan dimana cara berpikir harus dimodernisasi untuk memberikan pembinaan kepada anak didik,” katanya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kolaka, Ahmad Safei menyahuti keinginan dari Ketua Kwarda Pramuka Sultra agar setiap pengurus dan anggota Pramuka di daerah khususnya di Kabupaten Kolaka masuk dalam ruang kewirausahaan.

Menurut Safei, selama kemauan itu ada, apapun bisa dibangun di Bumi Mekongga. 

“Sekarang persoalannya bukan idenya, tapi kemauannya itu yang harus dibangun,” timpal Bupati Kolaka itu.

Laporan : Azhar Sabirin

Topik Hari Ini