SMA di Puncak Batas Sultra dan Sulsel itu Kebagian DAK Rp 1,70 Miliar

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), yang dibangun di atas puncak tak jauh dari perbatasan antara Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Selatan (Sulsel), kembali mendapat bantuan anggaran pembanguna gedung 2 RKB senilai Rp1,70 miliar (Satu Miliar Tujuh Puluh Juta Rupiah), tahun anggaran 2020.

Kepala SMA Negeri 1 Tolala, Asbar, mengaku bersyukur dan berterimakasih atas perhatian pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sultra, sehingga SMA 1 Tolala yang berdiri sejak 2018, kembali mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) bantuan pembangunan 2 Ruang Kelas Belajar (RKB) dan ruang laboratorium komputer dan kimia beserta meubiler.

banner 720x527

“Sekolah kami memang masih butuh pembenahan sarana dan prasarana, terutama RKB, ruang laboratorium dan mess guru,” kata Asbar kepada TOPIKSULTRA.COM, Kamis (14/1/2021).

Asbar merinci, dari total anggaran Rp1,70 miliar, alokasi anggaran terbagi: untuk pembangunan 2 RKB, Rp 450.680.000,- dan untuk pembangunan laboratorium komputer Rp 253.000.000, serta laboratorium kimia Rp 365.679.000,-. “Pelaksanaan kegiatan murni swakelolah dan mulai dikerjakan sejak Juli 2020 hingga November 2020,” ujarnya.

Menurut Asbar, dengan adanya kepedulian dari kementerian dan Dinas Pendidikan Sultra, semakin memotivasi pihaknya untuk memacu peningkatan belajar mengajar di sekolahnya. ” Semoga tahun depan, sekolah kami bisa mendapatkan bantuan pembangunan perumahan guru / mess, karena kalau tidak ada perumahan guru, ketika ada mutasi akan
menjadi persoalan bagi guru yang bersangkutan,” tuturnya.

Selain perumahan, Asbar juga berharap, agar tahun depan, sekolah bisa kembali mendapatkan bantuan pembangunan pagar atau pengaman, untuk keamanan dan kenyamanan proses belajar mengajar.

Laporan : Ahmar

Topik Hari Ini