by

Vaksin Sinovac Sudah siap di Gudang farmasi Kolut

LASUSUA, TOPIKSULTRA.COM — Vaksin sinovac sebanyak 2.760 yang dikemas ke dalam 69 kotak, telah masuk ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Kolaka Utara, sejak Rabu,(27/1/2021).

Pengiriman vaksin dari Unit Farmasi Dinkes Provinsi di Kendari mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Instalasi Farmasi Dinkes Kolut, Karmila Akri menuturkan, vaksin covid-19 yang didistribusikan dari Dinkes Provinsi Sultra tiba di Kolut sekira pukul 16.15 WITA. “Jumlahnya 69 boks (kotak) dimana dalam setiap boksnya berisi 40 vaksin, sehingga totalnya ada 2.760,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/1/2021).

Saat ini, vaksin asal China tersebut, disimpan di gudang farmasi khusus milik Dinkes Kolut di Puskesmas Lasusua, dan disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 2 sampai 8 derajat celcius.

“Untuk keamanannya, sejak tiba vaksin ini sudah dijaga pihak kepolisian secara bergantian,” ujar Karmila Akri.

Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Husnadimiati menuturkan, vaksin tersebut akan disuntikan kepada 1.401 orang tenaga kesehatan (Nakes) di 16 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djafar Harun.

“Selebihnya itu akan diperuntukan kepada jajaran Dinkes, Forkopimda, petugas laboratorium kesehatan dan para tenaga kesehatan yang bekerja di gudang farmasi,” jelasnya.

Laporan: Ahmar

Topik Hari Ini